26.1 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

Kardinal Zen bertemu Paus Francis, Keduanya Berdoa di Makam Paus Benediktus XVI

BERITA LAIN

More
    Kardinal Josep Zen dan Paus Fransiskus. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Kardinal Joseph Zen bertemu secara pribadi dengan Paus Fransiskus pada hari Jumat, 6 Januari 2023, setelah menghadiri pemakaman Benediktus XVI. Pihak berwenang Hong Kong untuk sementara melepaskan paspor kardinal berusia 90 tahun itu. Kardinal Zen ditangkap tahun lalu di bawah undang-undang keamanan nasional kota itu, untuk mengizinkannya melakukan perjalanan ke Roma.

    Kardinal Zen bertemu Paus Francis pada sore hari tanggal 6 Januari, di Wisma Santa Marta Vatikan.

    “Itu sangat indah. Dia sangat hangat!” kata kardinal Tiongkok itu.

    Kardinal Zen, adalah Uskup Agung Emeritus Hong Kong, tiba di Lapangan Santo Petrus mengenakan jubah merah dan berjalan dengan tongkat untuk merayakan Misa pemakaman Paus Benediktus XVI pada 5 Januari 2023. Pada 6 Januari, pesta Epifani, kardinal mengunjungi makam Benediktus XVI di ruang bawah tanah Basilika Santo Petrus. Ia lalu meninggalkan Roma pada pagi hari tanggal 7 Januari 2023. Kardinal Zen memposting foto yang memperlihatkan dia memeluk peti mati tertutup Benediktus XVI dan menyapa Paus Fransiskus di depan Pietà karya Michelangelo.

    “Paus Emerito Benediktus XVI kami yang terkasih, tolong terus doakan kami di surga,” tulis Zen di Twitter pada pagi hari tanggal 7 Januari.

    Hakim memutuskan pada 3 Januari bahwa Kardinal China akan diizinkan meninggalkan Hong Kong selama lima hari dengan paspor yang sebelumnya disita. Kardinal Zen merenungkan warisan Paus Benediktus XVI setelah kematian paus emeritus pada 31 Desember 2022. Kardinal itu menulis di blognya bahwa Paus Benediktus XVI adalah “pembela kebenaran yang hebat”.

    “Sebagai anggota Gereja Tionghoa, saya sangat berterima kasih kepada Paus Benediktus atas hal-hal yang telah dia lakukan,” tulis Kardinal Zen.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI