34.3 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Penetapan Paroki Administratif Plamongan Indah, Keuskupan Agung Semarang

BERITA LAIN

More
    Misa Penetapan Paroki Administratif St Maria Bunda Allah Plamongan Indah, Semarang, Jawa Tengah. IST

    Pena Katolik – Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko memimpin Misa peresmian Paroki Administratif St Maria Bunda Allah Plamongan Indah Semarang, Jawa Tengah, 4/01/23. Pada Misa ini, ratusan umat Gereja Paroki Administratif Plamongan Indah Semarang menyambut penuh sukacita.

    “Penetapan dari gereja wilayah menjadi paroki administratif telah melalui kajian dan pembahasan yang panjang. Mengkaji dan mempelajari semua aspek terkait kesiapan paroki ini, dan puji syukur, semua proses berjalan mulus dan diputuskan untuk ditetapkan menjadi paroki administratif,” papar Mgr. Rubi.

    Setelah menjadi paroki administratif, umat diharapkan akan terus bertumbuh dan berkembang, terutama dalam mewujudkan tiga aspek tata kelola paroki, penggembalaan, administrative, dan harta benda.

    “Ketiga tata kelola ini harus sungguh-sungguh dilakukan secara transparan, akuntabel dan kredibel,” ungkap uskup.

    Apabila semua berjalan lancer dan sesuai rencana, dalam jangka waktu setahun, Paroki Administratif Plamongan Indah sudah dapat diresmikan menjadi paroki definitive. Romo Vikep Sugiyana membacakan surat keputusan penetapan paroki.  

    Perjalanan Paroki Administratif Plamongan Indah dimulai pada tanggal 27 Mei 2021 saat diajukan permohonan peningkatan status gereja wilayah Yesus Maria Yosef (YMY). Gayung bersambut, SK penetapan dikeluarkan sebagai paroki administrative diterbitkan pada 1 Januari 2023. Berdasarkan data 18 Oktober 2021, gereja wilayah YMY memiliki 2.290 jiwa dengan 817 kepala keluarga, yang tersebar di 4 wilayah dan 17 lingkungan.

    Gereja St Maria Bunda Allah Plamongan Indah memiliki  batas wilayah, yakni sebelah timur dengan gereja St Maria Gubug, sebelah barat dengan St Paulus Sendangguwo, sebelah utara dengan St Ignatius Loyola Banjardowo dan Gedangan, serta sebelah selatan dengan St Petrus Sambiroto.

    Umat Katolik di gereja wilayah YMY pun sudah tertata dan memiliki dewan pastoral dan dilengkapi pedoman-pedoman sebagai paroki administratif. Berdasarkan hasil visitasi tim gabungan dewan pastoral paroki dan komitmen pengurus wilayah pada 2 Oktober 2021 serta hasil rapat dewan imam KAS pada 25-26 Juli 2022 di Pusat Pastoral Sanjoyo Muntilan. Pada kesempatan itu, Uskup juga melantik pengurus dewan pastoral paroki periode 2023-2025 serta pengurus wilayah dan lingkungan.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI