Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Sambutan Mesra Dominikan Awam Pontianak pada Pelawat Saudara Imam Dominikan Filipina

Penyambutan dan pemasangan cinderamata kepada Rev Fr. Roman L. Santos, OP (Kanan) dan Fr. Filemon I. dela Cruz Jr., OP (Tengah)

Pena Katolik- Anjungan, 16 November 2022 – Kedatangan rombongan biarawan dan biarawati Ordo Pewarta alias OP dari Filipina ke Rumah Retret Santo Johanes Paulus II Anjungan disambut hangat oleh tarian adat Dayak Kanayatn yang dipersembahkan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Sengah Temila Senakin.

Pada tarian penyambutan itu dilakukan prosesi pengalungan selendang bermotif khas Dayak yang diberikan oleh Dominikan Awam Pontianak dan hal tersebut juga merupakan simbol penerimaan tamu kehormatan di tanah Kalimantan alias Borneo.

Kegiatan itu berlanjut dengan ramah tamah dengan sajian makan siang di ruang makan Rumah Retret Santo Johanes Paulus II Anjungan.

Rombongan yang dibawa Romo Edmund Nantes, OP  terdiri 15 Pastor, 5 Biarawati dan 8 Frater Dominikan kemudian melayani mereka bersama para Dominikan Awam Pontianak. Dendang syair-syair siang itu yang dipersembahkan oleh tamu kebanggaan menambah kehangatan persaudaraan siang itu.

Romo Edmund Nantes, OP sedang memberi penjelasan tentang seluruh bangunan yang ada di Rumah Retret Santo Johanes Paulus II

Rumah Retret nan estetik

Romo Nantes mengajak mereka berkeliling seluruh kompleks Rumah Retret Anjungan nan estetik itu sembari menjelaskan makna dan arti seluruh bangunan kepada mereka.

“Ini merupakan replika rumah khas orang Dayak bernama Tebelian, nama tebelian diambil dari salah satu jenis kayu” ujar Romo Nantes kepada tamu biarawan sembari menaiki tangga Rumah Tebelian.

Di Rumah Retret Santo Johanes Paulus II juga terdapat replika rumah adat lainnya yang merepresentasikan keberagaman budaya yang ada di Bumi Kalimantan Barat seperti Rumah Limau (budaya Tionghoa), Keraton (budaya Melayu), Lumbung Padi dan Rumah Tebelian serta Rumah Joglo (budaya Jawa) yang masih dalam tahap pembangunan.

“Bangunan yang paling besar di sini merupakan replika dari Katedral Pontianak sebelum dibangun ulang seperti sekarang” kata Romo Nantes.

Setelah berkeliling dan berswafoto, kunjungan pun berakhir dan rombongan biarawan yang dipimpin oleh Romo Edmund Nantes, OP lantas berpamitan dengan para Dominikan Awam serta melanjutkan kunjungan menuju Kampus Universitas Santo Agustinus Hippo di Ngabang.

By. Rio Kusuma Pratama/PenaKatolik

Foto bersama Rombongan Biarawan dengan para penari dan Dominikan Awam

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini