33.3 C
Jakarta
Wednesday, May 1, 2024

Presiden Italia, Prancis, dan Nigeria akan Ikut Pertemuan Perdamaian Bersama Komunitas Sant’Egidio

BERITA LAIN

More
    Komunitas Saint’Egidio di depan Basilika St Petrus Vatikan. IST

    ROMA, Pena Katolik – Presiden Italia, Prancis, dan Nigeria akan bergabung dengan Komunitas Sant’Egidio untuk meluncurkan pertemuan puncak perdamaian internasional selama tiga hari 23-25 Oktober 2022. Pertemuan Internasional Dialog dan Doa untuk Perdamaian antar Agama-Agama Dunia, akan diadakan di La Nuvola Convention Center di kawasan EUR yang dulu futuristik di Roma selatan.

    Acara akan ditutup di Colosseum dengan kebaktian doa bersama Paus Francis. Sant’Egidio, yang telah menjadi tuan rumah pertemuan agama untuk perdamaian ini sejak pertengahan 1980-an, mengumumkan program dan peserta tahun ini pada hari Selasa, 10 Oktober 2022.

    Presiden Sergio Mattarella dari Italia, Emmanuel Macron dari Prancis, dan Presiden Mohamed Bazoum termasuk di antara kepala negara yang akan menghadiri upacara pembukaan. Para pemimpin agama termasuk Kardinal Matteo Zuppi, presiden Konferensi Episkopal Italia, dan Haïm Korsia, kepala rabi Prancis. Mereka diharapkan untuk berbicara di KTT, yang diadakan di tengah kecemasan besar atas perang di Ukraina dan “krisis nuklir saat ini”.

    “Kita tahu bahwa seruan untuk perdamaian, keinginan untuk perdamaian, ada, tetapi seringkali tidak terdengar,” kata Marco Impagliazzo, presiden Sant’Egidio.

    Dia mencatat bahwa acara tersebut menawarkan para pemimpin politik yang diundang kesempatan untuk mengekspresikan visi mereka “tentang peran agama di dunia ini dalam perang”.

    Setelah peluncuran pertemuan itu, Presiden Macron diperkirakan akan mengadakan pembicaraan pribadi dengan pejabat Sant’Egidio. Diharapkan bahwa masalah migrasi, praktik yang baik dari koridor kemanusiaan di Prancis, dan hubungan antara Eropa dan Afrika akan menjadi fokus diskusi mereka.

    “Kami juga akan berbicara tentang perang,” katanya tentang pertemuan dengan Macron. “Dia praktis satu-satunya pemimpin Barat, selain Orban, untuk berbicara dengan Presiden Putin,” kata pemimpin Sant’Egidio mengacu pada Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban.

    “Ini adalah dialog terbuka di mana kita dapat menyampaikan pesan,” kata Impagliazzo.

    Presiden Macron juga dijadwalkan bertemu dengan paus secara pribadi di Vatikan pada hari kedua pertemuan itu. Para pemimpin berbagai tradisi agama dari sekitar 50 negara, Sant’Egidio mengatakan para pemimpin dari berbagai tradisi agama dan sekitar 50 negara akan bergabung dengan Paus Fransiskus untuk doa terakhir pada 25 Oktober di Colosseum.

    Di antara mereka ada beberapa orang Prancis, seperti Kardinal Jean-Marc Aveline dari Marseilles, Uskup Agung Laurent Ulrich dari Paris. Sejumlah pemimpin Gereja Ortodoks, seperti Metropolitan Gabriel (Gereja Yunani), Metropolitan John (Rumania) dan Metropolitan John (Albania), akan mengambil bagian dalam diskusi meja bundar, yang akan fokus pada “pelajaran dari pandemi”, “tanggung jawab agama dalam krisis globalisasi” dan “perang, tantangan untuk masa depan Eropa”.

    Impagliazzo menyatakan bahwa belum ada pemimpin agama Ukraina atau Rusia yang menanggapi undangan yang dikirim oleh Sant’Egidio.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI