Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Peringatan 60 Konsili Vatikan II, Paus Fransiskus Menyerukan Meninggalkan kemarahan dan Kembali Menghayati Iman

Paus Fransiskus memimpin Misa peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II dan Pesta St Yohanes XXIII. IST

VATIKAN, Pena Katolik – Pada peringatan 60 tahun pembukaan Konsili Vatikan Kedua, Paus Fransiskus mendorong umat Katolik untuk meninggalkan kritik dan kemarahan dan untuk menghayati iman dengan sukacita.

“Semoga Gereja dikuasai dengan sukacita. Jika dia gagal bersukacita, dia akan menyangkal dirinya sendiri, karena dia akan melupakan cinta yang melahirkannya,” kata paus selama Misa di Basilika Santo Petrus 11 Oktober 2022.

“Berapa banyak dari kita yang tidak dapat menghidupi iman dengan sukacita, tanpa mengeluh dan mengkritik? Gereja yang mengasihi Yesus tidak punya waktu untuk pertengkaran, gosip, dan perselisihan. Semoga Tuhan membebaskan kita dari sikap kritis dan intoleran, keras, dan marah. Ini bukan soal gaya tapi soal cinta. Bagi mereka yang mengasihi, seperti yang diajarkan Rasul Paulus, lakukan segala sesuatu tanpa menggerutu.”

Misa ini menandai peringatan 60 tahun Konsili Vatikan II dibuka oleh St. Yohanes XXIII pada 11 Oktober 1962. Konsili ditutup pada 8 Desember 1965. Tanggal 11 Oktober juga diperingati sebagai hari raya St. Yohanes XXIII di Gereja Katolik. Dalam homilinya, Paus Fransiskus mendorong anggota Gereja untuk kembali “ke sumber cinta murni konsili.”

“Mari kita temukan kembali semangat dewan dan perbarui semangat kita sendiri untuk dewan,” katanya. “Dibenamkan dalam misteri Gereja, Bunda dan Mempelai Wanita, marilah kita juga mengatakan, bersama St. Yohanes XXIII: Gaudet Mater Ecclesia.”

Fransiskus juga memperingatkan umat Katolik tentang strategi iblis, yang menabur ilalang perpecahan di antara umat beriman. “Janganlah kita menyerah pada sanjungannya, janganlah kita menyerah pada godaan polarisasi,” desaknya.

“Berapa kali sejak konsili itu orang-orang Kristen keluar dari jalan mereka untuk memilih sisi di Gereja, tidak menyadari bahwa mereka merobek hati Ibu mereka,” kata paus. “Berapa kali mereka lebih suka menjadi ‘pendukung kelompok mereka sendiri’ daripada pelayan semua, progresif dan konservatif daripada saudara dan saudari, ‘kanan’ atau ‘kiri’ daripada Yesus; berdiri sebagai ‘penjaga kebenaran’ atau ‘solois kebaruan,’ daripada mengakui diri mereka sebagai anak-anak yang rendah hati dan bersyukur dari Gereja Induk yang kudus.”

Semua orang adalah anak-anak Tuhan dan saudara. Tuhan tidak menginginkan setiap orang menyadari sebagai domba-domba-Nya, kawanan-Nya, dan hanya bersama-sama, bersatu. Paus Fransiskus mencatat bahwa selalu ada godaan untuk memulai dari diri sendiri dan agenda seseorang, bukan dari Tuhan dan Injil-Nya.

“Marilah kita mengatasi polarisasi dan menjaga persekutuan, marilah kita menjadi lebih dan lebih ‘satu’, seperti yang Yesus mohon sebelum Ia memberikan nyawa-Nya bagi kita.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini