32.7 C
Jakarta
Sunday, April 28, 2024

OMK dan para Imam Filipina Memperingati 50 Tahun Darurat Militer di Filipina

BERITA LAIN

More
    Unjuk Rasa mengenang 50 tahun darurat militer di Filipina. UCA News

    MANILA, Pena Katolik – Para imam Katolik bergabung dengan pembela HAM dan aktivis buruh di Filipina, mereka memulai serangkaian demonstrasi menjelang peringatan 50 tahun darurat militer yang menandai masa kelam kediktatoran sekitar 14 tahun di negara itu.

    Unjuk rasa di Manila ini dipimpin oleh kelompok pemuda sayap kiri, Anak Bayan dan Serikat Buruh Filipina, pada 15 September 2022. Aksi itu juga diikuti korban darurat militer di bawah diktator Ferdinand Marcos, ayah dari Presiden Ferdinan Marcos Jr yang saat ini menjabat.

    Para demonstran mengatakan aksi unjuk rasa bertujuan untuk “membangkitkan kesadaran masyarakat tentang sejarah Filipina.” Korban darurat militer yang bergabung dalam rapat umum bersaksi untuk mengingatkan orang-orang tentang pelanggaran hak asasi manusia di bawah rezim diktator.

    Anggota Anak Bayan, Lito Sevilla, menuduh keluarga Marcos “mengaburkan sejarah Filipina” dan menentang “semua berita palsu. Mereka saat ini mengatakan bahwa tahun-tahun darurat militer adalah “era emas” Filipina. Hal ini menurut Sevilla adalah kebohongan total.

    Protes ini hanyalah awal dari demonstrasi nasional untuk mengingatkan mereka yang memilih Presiden Marcos tentang kejahatan yang dilakukan keluarganya selama darurat militer.

    “Hari ini, kami memerangi berita palsu dengan kebenaran – dengan kesaksian dari orang-orang yang menjadi korban tentara di bawah pemerintahan Marcos, Sr.,” tambah Sevilla.

    Pastor Timothy De Jesus dari Keuskupan Libmanan, yang bergabung dalam aksi tersebut, mengatakan bahwa rakyat Filipina tidak boleh diam dan takut bahkan ketika Marcos kembali berkuasa.

    “Mari kita terus mendidik rakyat Filipina dengan membuat suara kita didengar. Kita seharusnya tidak tinggal diam di jalan-jalan, atau, lebih lagi di media sosial, atas ketidakadilan yang diderita orang-orang kita dari keluarga Marcos,” kata Pastor De Jesus.

    Mengingat Masa Kelam

    Komisi Hak Asasi Manusia Filipina mencatat lebih dari 11.200 kasus pelanggaran hak asasi manusia selama era darurat militer dari tahun 1972 hingga 1986. Hampir 3.000 orang terbunuh atau hilang sementara 2.739 menderita penganiayaan fisik dan penyiksaan di tangan polisi atau militer selama periode ini, komisi tersebut melaporkan.

    Selain pelanggaran hak asasi besar-besaran dan pembunuhan di luar proses hukum, Marcos dan anggota keluarganya dituduh mencuri miliaran dolar dana negara selama rezim darurat militer. Pada tahun 2003, Mahkamah Agung memutuskan bahwa aset Marcos senilai lebih dari 25 miliar peso dianggap sebagai kekayaan haram.

    Ferdinand Marcos digulingkan dalam pemberontakan massal yang didukung Gereja yang disebut “Gerakan Kekuatan Rakyat” pada tahun 1986. Dia melarikan diri dari negara itu bersama keluarganya dan meninggal di pengasingan di Hawaii, Amerika Serikat pada tahun 1989.

    Keluarganya kemudian kembali ke Filipina dan terjun ke dunia politik. Kebangkitan itu berujung pada kemenangan Marcos, Jr. dalam pemilihan presiden pada 9 Mei. Aktivis mengatakan mereka siap untuk bertarung di jalan sekali lagi untuk menyelamatkan demokrasi dari rezim Marcos lainnya.

    “Koalisi kami terdiri dari anggota dari hampir semua provinsi di Filipina dari Mindanao hingga Luzon. Kami akan melakukan tugas kami sekali lagi untuk mengingatkan orang-orang untuk mengingat darurat militer,” tambah Sevilla.

    Serikat Pekerja Filipina juga membakar patung troll yang melambangkan berita palsu yang disebarkan oleh akun palsu untuk menghapus kejahatan Marcos dalam buku sejarah.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI