28.4 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Paus Disambut Hangat di Kazakhstan, yang Hanya Punya 1% Umat Katolik

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat disambut umat Katolik di Ibu Kota Kazakhstan. Aleteia

    KAZAKHSTAN, Pena Katolik – Di bawah sinar matahari yang cerah menyinari Expo Grounds yang futuristik, ribuan umat Katolik dari komunitas kecil Katolik Kazakhstan berbondong-bondong menghadiri Misa umum Paus Fransiskus. Para suster misionaris, penduduk setempat, sekitar 40 imam, tetapi juga anggota mayoritas Muslim di negara itu, menyambut Paus .

    “Ini adalah hadiah bagi kami,” kata Suster Bojena Zelewska, seorang biarawati Polandia yang telah tinggal di Kazakhstan selama 13 tahun.

    Sebagai anggota komunitas Beatitudes, dia berbicara bahasa Prancis yang sempurna. Ia belajar bahasa itu selama masa formasinya yang dilalui selama beberapa tahun di Perancis.

    Suster Zelewska datang untuk menghadiri Misa Paus bersama seratus umat Parokinya Kokchetau yang berjarak 300 km sebelah utara Nour-Sultan. Kotanya didirikan oleh orang Polandia yang dideportasi pada saat Uni Soviet mendeportasi populasi non-Rusia secara massal ke wilayah ini, terutama ke Gulag.

    “Banyak orang menderita di negara ini, sehingga mereka memahami pentingnya koeksistensi dan solidaritas,” jelas Suster Bojena Zelewska.

    Saat gadis-gadis kecil berbahasa Rusia mengibarkan bendera putih dan emas Vatikan, tiga biarawati dari Misionaris Cinta Kasih melangkah maju. Di antara mereka, dua wanita India, semuanya tersenyum. Banyak suster menjalankan misi mereka di Kazakhstan. Suster Bojena senang tinggal di negara di mana iman berkembang “sangat pesat.”

    “Negara ini memiliki pesan perdamaian, dialog dan saling mendengarkan bagi dunia,” katanya.

    Menekankan keragaman masyarakat – Jerman, Polandia, Slovakia, Rusia – dan agama yang berbeda – Ortodoks, Muslim, Katolik – yang hidup bersama di wilayah yang sama, dia memuji kemampuan populasi ini untuk hidup berdampingan. Misa Paus bahkan menarik anggota dari negara-negara sekitarnya lainnya, termasuk Turkmenistan dan Uzbekistan, yang menunjukkan kegembiraan mereka dengan hadir, meskipun mereka tidak dapat membuat diri mereka dipahami dalam bahasa mereka sendiri.

    Wanita Polandia itu juga melihat kedatangan Paus Fransiskus sebagai warisan dari kunjungan pertama seorang paus ke Kazakhstan, yang dilakukan oleh rekan senegaranya Yohanes Paulus II pada tahun 2001. “Dia membawa pesan perdamaian ini dan sekarang Paus Fransiskus yang menegaskan pesan ini. .”

    Maxim, seorang Katolik Kazakh berusia 31 tahun yang tergabung dalam gerakan awam Persekutuan dan Pembebasan, sedikit mengingat kunjungan Yohanes Paulus II, tetapi menganggap kunjungan Paus Argentina itu “untuk generasinya”.

    “Saya selalu berharap seorang Paus akan datang,” katanya menyatakan bahwa ini adalah “hari yang paling ditunggu” dalam hidupnya.

    Ketika Paus tiba, kerumunan itu tampak diliputi perasaan campur aduk untuk sementara waktu dan lalu menyambutnya. Namun, berkat dorongan dari beberapa biarawati yang tidak malu-malu mengangkat suara mereka, dan kemudian atas undangan seorang imam di mikrofon, majelis itu bersukacita melihat Paus mereka didengar.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI