29.1 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Resmi Naik Takhta, Raja Charles III Menegaskan Pentingnya Iman Kristiani dalam Pemerintahannya

BERITA LAIN

More
    Raja Charles III saat menyampaikan pidato pertamanya sebagai Raja Inggris. IST

    LONDON, Pena Katolik – Raja Charles III menyampaikan pidato pertamanya sebagai penguasa baru Inggris. Ia menghubungkan iman dan nilai-nilai Kristennya yang “berakar dalam” dengan rasa kewajiban dan rasa hormatnya terhadap tradisi dan kebebasan.

    Setelah kepergian Ratu Elizabeth II pada hari Kamis, 8 september 2022, raja baru Inggris dan 14 Negara Persemakmuran ini menyampaikan pidato televisi pertamanya. Raja Charles III memuji dedikasi dan pelayanan ibunya, mendiang Ratu, dan memperbarui janjinya tentang “pelayanan seumur hidup”.

    Dia mengatakan Ratu Elizabeth menjadi saksi “cinta tradisi yang abadi, bersama dengan pelukan kemajuan yang tak kenal takut”, yang katanya membuatnya mendapatkan “kasih sayang, kekaguman, dan rasa hormat” dari begitu banyak orang.

    “Saya menghormati kenangan ibu saya dan saya menghormati kehidupan pelayanannya. Saya tahu bahwa kematiannya membawa kesedihan besar bagi banyak dari Anda dan saya berbagi rasa kehilangan itu, tak terkira, dengan Anda semua.”

    Nilai Kristiani

    Raja Charles III juga menyatakan niatnya untuk terus memeluk nilai-nilai dan keyakinan yang dianut oleh mendiang ibunya, yang memerintah selama 70 tahun.

    “Nilai-nilai kami tetap, dan harus tetap, konstan. Peran dan tugas Monarki juga tetap ada, seperti halnya hubungan dan tanggung jawab khusus Penguasa terhadap Gereja Inggris – Gereja di mana iman saya sendiri berakar begitu dalam.”

    Kakek lima anak berusia 73 tahun itu menambahkan bahwa iman Kristennya akan mengilhami pelayanannya kepada rakyat Inggris.

    “Dalam keyakinan itu, dan nilai-nilai yang diilhaminya, saya dibesarkan untuk menghargai rasa kewajiban kepada orang lain, dan dengan sangat menghormati tradisi, kebebasan, dan tanggung jawab yang berharga dari sejarah unik kita dan sistem parlementer kita.

    Penghiburan dalam kesedihan

    Saat bangsa memasuki masa berkabung untuk mendiang Ratu Elizabeth, Raja Charles III mendorong mereka yang berduka untuknya menemukan kenyamanan dalam teladan Ratu Elizabeth II.

    “Dalam waktu kurang dari seminggu kita akan berkumpul sebagai sebuah bangsa, sebagai Persemakmuran dan bahkan komunitas global, untuk membaringkan ibu tercinta saya,” katanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI