34.3 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Pemimpin Kristen Menyampaikan Duka atas Kepergian Ratu Elizabeth II

BERITA LAIN

More
    Ratu Elizabeth II saat naik takhta tahun 1952. Vatican News

    LONDON, Pena Katolik – Para pemimpin Kristen mengirimkan pujian dan belasungkawa yang tulus kepada rakyat Inggris dan Persemakmuran saat dunia berduka atas mendiang Ratu Elizabeth II, yang meninggal pada Kamis sore. Penghormatan mengalir setelah kematian Ratu Elizabeth II pada sore hari tanggal 8 September 2022. Saat dunia berduka, Gereja dan para pemimpin dunia mengirimkan pesan belasungkawa, serta doa untuk raja baru.

    Kardinal Vincent Nichols termasuk di antara mereka yang memberi penghormatan kepada raja. Dalam sebuah pernyataan, Uskup Agung Westminster dan Presiden Konferensi Waligereja Inggris dan Wales ini mengingat janji Ratu, pada hari ulang tahunnya yang ke-21 untuk mengabdikan hidupnya untuk melayani rakyatnya.

    “Sekarang, tujuh puluh lima tahun kemudian, kami berduka atas kehilangan kami atas kematiannya, dan sangat mengagumi cara dia memenuhi pernyataan itu tanpa henti,” kata Kardinal.

    Kardinal Nichols mengungkapkan kesedihan dan rasa terima kasihnya “atas hadiah kepada dunia yang telah menjadi kehidupan Ratu Elizabeth II. Ia menyerukan doa agar Ratu diterima ke hadirat Tuhan yang penuh belas kasih. Ia menyampaikan, di sana Ratu dipersatukan kembali dengan Pangeran Philip yang dicintainya.

    Uskup Agung Welby

    Secara terpisah, Uskup Agung Anglikan Canterbury, Justin Welby, mengeluarkan pernyataan setelah pengumuman dari Istana.

    “Dengan kesedihan yang mendalam saya bergabung dengan bangsa, Persemakmuran dan dunia berduka atas kematian Yang Mulia Ratu. Doa saya bersama Raja dan Keluarga Kerajaan. Semoga Tuhan mendekati mereka dan menghibur mereka di hari-hari, minggu-minggu dan bulan-bulan mendatang.”

    Uskup Agung Canterbury mencatat dedikasi luar biasa Ratu Elizabeth II untuk Inggris Raya, alamnya dan Persemakmuran. Ia menambahkan, Ratu memimpin Inggris Raya melalui masa perang dan kesulitan, melalui musim pergolakan dan perubahan. Dia juga mengingat kesaksian Kristennya yang luar biasa.

    “Sebagai murid Kristen yang setia, dan juga Gubernur Tertinggi Gereja Inggris, dia menghidupi imannya setiap hari dalam hidupnya. Kepercayaannya pada Tuhan dan cintanya yang mendalam kepada Tuhan adalah dasar dalam bagaimana dia menjalani hidupnya – jam demi jam, hari demi hari.”

    Uskup Agung Welby mengakhiri pernyataannya dengan doa, “Semoga Yang Mulia Ratu Elizabeth II beristirahat dalam damai dan bangkit dalam kemuliaan.”

    Uskup Kanada

    Mgr. Raymond Poisson menyampaikan belasungkawa dari Uskup Katolik Kanada (CCCB). Para Uskup mencatat bahwa “generasi orang Kanada telah hidup di bawah pemerintahan panjang Ratu Elizabeth”. Mgr. Poisson menambahkan, bahwa Ratu akan selamanya dikenang karena pelayanannya yang luar biasa kepada orang-orang.

    Ratu Elizabeth mengunjungi Kanada 22 kali. Pada setiap kesempatan, orang Kanada menemukan dalam dirinya contoh pelayanan, patriotisme, penghormatan terhadap kemanusiaan, dan pengabdian kepada Tuhan. Pada tahun 1971. Mgr Poisson mengenang pidato Ratu di Toronto,.

    “Dia berkata, ‘Saya ingin Mahkota dilihat sebagai simbol kedaulatan nasional milik semua. Ini bukan hanya hubungan antara negara-negara Persemakmuran, tetapi antara warga negara Kanada dari setiap negara asal dan nenek moyang’,” ujar Mgr. Poisson.

    Uskup Irlandia

    Primata Seluruh Irlandia, Uskup Agung Eamon Martin dari Armagh, menyampaikan belasungkawa dari para Uskup Irlandia kepada Raja Charles III dan semua orang yang berduka atas Ratu Elizabeth. Mgr. Martin memuji “komitmen besar” mendiang Ratu terhadap tugasnya serta kebaikan bersama yang lebih luas.

    “Yang menonjol bagi saya adalah dedikasinya pada iman, keluarga, dan perdamaian dan rekonsiliasi. Ratu tampil ramah dan humoris dan meluangkan waktu untuk membuat semua orang merasa nyaman.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI