26.5 C
Jakarta
Saturday, May 4, 2024

Mengapa Kardinal Tagle Menempati Posisi Terdepan Menggantikan Paus Fransiskus?

BERITA LAIN

More
    Kardinal Luis Antonio Tagle. Catholic Herald

    VATIKAN, Pena Katolik – Kardinal Luis Antonio Tagle muncul dengan cepat sebagai favorit menggantikan Paus Fransiskus, seiring berkembangnya desas-desus tentang pengunduran diri Paus asal Argentina itu. Banyak yang mengatakan peluangnya semakin meningkat. Prelatus asal Filipina itu kini telah ditunjuk oleh Paus Fransiskus sebagai utusan khusus untuk Konferensi Waligereja Asia yang akan datang di Thailand. Ia mewakili Paus dan akan memimpin Misa penutup. Sejak tahun 2019, Kardinal Tagle memimpin Kongregasi Evangelisasi Bangsa-bangsa.

    Kardinal Tagle dipandang mewakili sayap progresif Gereja, setelah sebelumnya mengkritik “kata-kata kasar” terhadap umat Katolik LGBT. Tagle menawarkan pesan liberal, menanyakan apakah orang Kristen di diaspora “masih merasa seperti pengembara? Gereja, katanya, harus ramah kepada semua orang.

    “Kita dapat begitu mapan dalam cara dan budaya kita sehingga kita mulai berperilaku seperti pemilik tanah, masyarakat, dan gagasan.”

    Selain Kardinal Tagle, masih ada dua “pesaing utama” untuk menggantikan Paus Fransiskus jika konklaf diadakan saat ini. Mereka adalah prelatus Hongaria, Kardinal Péter Erd, dan prelatus Italia, Kardinal Matteo Zuppi. Tagle kemungkinan memiliki keunggulan atas Zuppi, mengingat perubahan demografi Gereja. Seperti diketahui, Kolegium Kardinal saat ini juga menjadi semakin “tidak Eropa”. Hal ini merujuk pada beberapa kardinal yang ditunjuk Paus Fransiskus yang banyak berasal dari benua non eropa. Situasi ini tentu menguntungkan Kardinal Tagle.

    Pada tanggal 27 Agustus 2022 lalu, para kardinal dari seluruh dunia berkumpul di Vatikan untuk konsistori di mana ada 20 kardinal baru. Sejak itu, 83 dari 132 kardinal electoral dipilih pada masa Paus Fransiskus. Saat inilah kardinal bertemu secara langsung dan menjadi kesempatan saling mengenal di antara calon penerus kepausan. Namun, Paus Fransiskus beberapa waktu belakangan tidak berbuat banyak untuk meredam desas-desus pengunduran dirinya. Bisa jadi ini menjadi satu kemungkinan mengikuti preseden yang ditetapkan oleh Benediktus XVI. Ia bahkan mengatakan bahwa paus yang mengundurkan diri adalah orang yang rendah hati.

    Kandidat lain untuk menggantikan Paus dapat mencakup prelatus konservatif Belanda, Kardinal Wim Eijk, serta kandidat kompromi, Kardinal Mario Grech dari Malta. Orang Italia lainnya, Kardinal Angelo Scola, yang konservatif. Sementara itu, ada peluang luar bagi seorang paus Afrika, mengingat Kardinal Peter Turkson dan Kardinal Robert Sarah mewakili – seperti Tagle – perubahan wajah Gereja, serta kemungkinan seorang paus Amerika, atau bahkan seorang paus Inggris.

    Dewan Kardinal mungkin belum siap untuk memilih seorang Afrika atau Amerika, sehingga orang Filipina-lah yang bisa berada di posisi terdepan. Ini menunjukkan perubahan wajah Gereja yang berputar ke arah selatan dunia. Sementara itu, Kolese Kardinal yang lebih mencerminkan posisi Fransiskus kemungkinan besar akan mendukung calon penerus dan kandidat yang mencerminkan keanggotaan yang lebih luas.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI