29.4 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Selama Hidupnya, Ratu Elizabeth II Berjumpa dengan Lima Paus, Paling Banyak Dibanding Raja Inggris Lainya

BERITA LAIN

More
    Ratu Elizabeth II berjumpa Paus Yohanes Paulus II b. ISt

    LONDON – Pena Katolik – Ratu Elizabeth, yang berusia 96 tahun pada bulan April, adalah raja terlama di Inggris, setelah naik takhta pada tahun 1952 pada usia 25 tahun setelah kematian ayahnya, Raja George VI. Pada bulan Juni, Inggris Raya merayakan Platinum Jubilee Elizabeth, menandai 70 tahun sebagai raja.

    Selama kepemimpinan Ratu Elizabeth II relasi antara Gereja Katolik dan Kerajaan Inggris dan Gereja Anglikan berjalan begitu mulus. Ratu Elizabeth II berperan besar dalam menjaga situasi ini.

    Selam hidupnya, Ratu Elizabeth II tercatat berjumpa dengan lima Paus. Ini berarti, sebagai Raja Inggris, ia adalah Raja Inggris yang paling banyak berjumpa dengan Paus. Ia tercatat berjumpa dengan Paus Pius XII saat sebelum naik takhta. Selanjutnya, ia berjumpa dengan Paus Yohanes XXIII, Paus Yohaenes Paulus II, Paus Beneriktus XVI, dan Paus Fransiskus. Ia tidak sempat berjumpa dengan Paus Paulus VI dan Paus Yohanes Paulus I yang masa kepausannya hanya berlangsung 33 hari.

    Paus Fransiskus (3 April 2014)

    Ratu Elizabeth II bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan pada bulan 3 April 2014, dia memberi Paus sebuah keranjang makanan yang diisi dengan hidangan lokal Inggris dan sebotol wiski Balmoral. Pertemuan itu menandai peringatan 100 tahun pembentukan kembali hubungan diplomatik antara Inggris dan Takhta Suci.

    Paus Benediktus XVI (September 2010)

    Pertemuan pertama Ratu Elizabeth II dan Paus Benediktus XVI terjadi selama kunjungan empat hari Paus ke Inggris pada September 2010. Pertemuan ini terjadi di Edinburgh, Skotlandia. Benediktus mengatakan itu adalah “pertemuan yang sangat ramah, ditandai dengan berbagi beberapa keprihatinan mendalam untuk kesejahteraan masyarakat dunia dan untuk peran nilai-nilai Kristen dalam masyarakat.”

    Paus Yohanes Paulus II (1980, 1982, dan 2000)

    Paus Yohanes Paulus II tercatat sebagai Paus yang paling banyak bertemu Elizabeth II. Ratu Elizabeth II pertama kali bertemu Paus Yohanes Paulus II di Vatikan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip, untuk kunjungan kenegaraan resmi pada 13 Oktober 1980.

    Dalam perjalanan bersejarah yang menandai pertama kalinya seorang paus menginjakkan kaki di Inggris, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi ratu di Istana Buckingham pada Mei 1982. Hampir 20 tahun kemudian, ratu melakukan perjalanan ke Vatikan untuk pertemuan pribadi dengan paus asal Polandia itu pada 17 Oktober 2000.

    Paus Yohanes XXIII (tahun 1961)

    Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip mengadakan audiensi dengan Paus Yohanes XXIII di Istana Apostolik pada tanggal 5 Mei 1961. Paus mengungkapkan “penghargaan pribadinya yang terdalam” kepada ratu karena memikul “beban tanggung jawab yang begitu besar dengan begitu sederhana dan bermartabat.

    Paus Pius XII (tahun 1951)

    Satu tahun sebelum Ratu Elizabeth II naik takhta, ia bertemu Paus Pius XII sebagai seorang putri pada tahun 1951. Anda dapat menonton video kunjungannya ke Roma di bawah ini.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI