Ratu Elizabeth II Wafat, Paus Fransiskus Menyampaikan Duka Mendalam

0
740
Ratu Elizabeth II saat mengunjungi Vatikan pada tahun 2014. IST

LONDON – Pena Katolik – Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa kepada Raja Charles III dan rakyat Inggris atas kematian Ratu Elizabeth II. Ia memuji kehidupan Ratu Elizabeth II dalam pelayanan tanpa henti untuk kebaikan Bangsa dan Persemakmuran.

Yang Mulia Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara meninggal pada Kamis, 8 September 2022 di Kastil Balmoral, Skotlandia. Keluarganya telah berkumpul dengan mendiang Ratu ketika kekhawatiran tumbuh tentang kesehatannya pada hari sebelumnya.

Ratu Elizabeth II memerintah selama lebih dari 70 tahun, merayakan Platinum Jubilee-nya pada 2 Juni 2022. Putra tertua mendiang Ratu Charles, mantan Pangeran Wales, sekarang menjadi Raja dan kepala negara untuk 14 wilayah Persemakmuran.

Pelayanan, pengabdian, saksi

Tak lama setelah kematiannya, Paus Fransiskus mengirim telegram untuk menyampaikan belasungkawa kepada Raja Charles III atas kematian ibunya, raja terlama di Inggris.

“Dengan sangat sedih mengetahui kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II, saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Yang Mulia, Anggota Keluarga Kerajaan, Rakyat Inggris dan Persemakmuran.”

Paus mengatakan dia bergabung dengan semua orang yang berduka atas kehilangannya “dalam berdoa untuk peristirahatan abadi mendiang Ratu, dan dalam memberikan penghormatan kepada hidupnya dari pelayanan tanpa henti untuk kebaikan Bangsa dan Persemakmuran, teladan pengabdiannya pada tugas, kesaksiannya yang teguh iman kepada Yesus Kristus dan pengharapannya yang teguh pada janji-janji-Nya.”

Paus Fransiskus juga memuji “jiwanya yang mulia” atas belas kasihan Allah Bapa. Ia mendoakan sang ratu dan memohon Tuhan Yang Mahakuasa akan menopangnya dengan rahmat-Nya yang tak pernah gagal. “Atas Anda dan semua yang menghargai kenangan mendiang ibu Anda, saya memohon kelimpahan berkat ilahi sebagai jaminan penghiburan dan kekuatan di dalam Tuhan,” kata Paus dalam telegramnya.

Sekali Bertemu

Selama hidupnya, Paus Fransiskus pernah sekali berjumpa dengan Ratu Elizabeth. Pada 3 April 2014, setahun setelah Paus Fransiskus menjadi Uskup Roma. Pertemuan ini dilakukan ratu selama kunjungan satu hari ke ibu kota Italia, Roma.

Pada perjumpaan ini, Sang Ratu memberi Paus sekeranjang produk Inggris. Sementara Paus Fransiskus memberikan bola lapis lazuli untuk cicit sang ratu, Pangeran George. Ini adalah perjalanan luar negeri pertama Ratu sejak kunjungan ke Australia pada tahun 2011.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here