34 C
Jakarta
Friday, May 3, 2024

Pemimpin Terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev Wafat, Benarkah Ia Dibaptis Menjadi Seorang Kristiani?

BERITA LAIN

More
    Mikhael Gorbachev saat bertemu Paus Yohanes Paulus II di Vatikan 1 desember 1991. Vatican News

    MOSKOW, Pena Katolik – Pemimpin terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev meninggal pada hari Selasa, 30 Agustus 2022 pada usia 91 tahun. Kepergiannya menghidupkan kembali desas-desus bahwa pemimpin terakhir Uni Soviet itu telah dibaptis dan pindah agama menjadi Kristiani.

    Faktanya, Gorbachev lebih ramah terhadap agama daripada kebanyakan pendahulunya. Prinsip-prinsip keterbukaan dan restrukturisasi reformisnya, yang dikenal sebagai “glasnost” atau “perestroika,” memiliki dampak luas pada kebebasan sosial dan ekonomi Soviet. Saingan Perang Dinginnya, Presiden AS Ronald Reagan, disibukkan dengan gagasan bahwa Gorbachev adalah seorang penganut agama rahasia, menurut penulis biografi Reagan James Mann.

    Pada bulan Maret 2008 Gorbachev harus menghilangkan klaim bahwa dia telah menjadi seorang Kristiani. Beberapa laporan berita di Italia, mengklaim bahwa Gorbachev pernah mengunjungi Basilika St Fransiskus Asisi. Saat itu, ia berlutut selama tiga puluh menit di makam Santo Fransiskus dari Assisi. Saat itu, ia ditemani oleh putrinya Irina. Gorbachev yang mantan ketua Partai Komunis Uni Soviet, dengan jelas menolak laporan ini.

    “Selama beberapa hari terakhir beberapa media telah menyebarkan fantasi – saya tidak dapat menggunakan kata lain  – tentang Katolik rahasia saya, mengutip kunjungan saya ke biara Sacro Convento, di mana sisa-sisa Santo Fransiskus dari Assisi terbaring.  Untuk meringkas dan menghindari kesalahpahaman, izinkan saya mengatakan bahwa saya telah dan tetap menjadi seorang ateis,” katanya menanggapi rumor itu.

    Namun, Gorbachev mengatakan telah mengunjungi makam Santo Fransiskus sebagai turis, bukan peziarah pada tahun 2008. Ia mengatakan dia mengakui bahwa agama memainkan peran penting dalam masyarakat dan dia mencatat bahwa dia menantikan kunjungan ke Kristen, Yahudi, dan tempat ibadah umat Islam.

    Gorbachev menyebut St. Fransiskus sebagai “alter Christus,” bahasa Latin untuk “Kristus yang lain.” Mantan pemimpin Soviet itu diduga mengatakan bahwa dia terpesona oleh kehidupan Santo Fransiskus dan mengklaim bahwa kisah santo abad pertengahan itu telah memainkan peran mendasar dalam hidupnya.

    Seorang juru bicara Patriark Ortodoks Rusia saat itu Alexy II telah menanggapi laporan tersebut, dengan mengatakan, Gorbachev masih dalam perjalanan menuju kekristenan. Gorbachev dan istrinya Raisa telah dibaptis sebagai orang Kristen di Gereja Ortodoks Rusia, kata keduanya pada tahun 1989, tetapi mereka menggambarkan ini sebagai bagian dari kebiasaan keluarga normal pada saat kelahiran mereka.

    Raisa meninggal karena kanker pada tahun 1999 dan pemakamannya dilakukan dalam  beberapa ritus Ortodoks Rusia. Kini, Gorbachev akan dimakamkan di sebelah istrinya di pemakaman Biara Novodevichy Moskow. Ini adalah tempat pemakaman yang sama dari pemimpin Soviet Nikita Khrushchev, mantan presiden Rusia Boris Yeltsin, dan berbagai pemimpin Rusia. Meski sebagian besar pemimpin Soviet dimakamkan di Lapangan Merah dekat tembok Kremlin.

    Mengunjungi Vatikan

    Gorbachev adalah pemimpin Soviet pertama yang mengunjungi Vatikan dan mengadakan pertemuan pada 1 Desember 1989 dengan Paus Yohanes Paulus II, seorang paus yang sangat mendukung perlawanan terhadap pemerintah negara asalnya, Polandia, yang didominasi Soviet yang komunis. Dalam pertemuan ini, Gorbachev menyatakan bahwa orang-orang beriman memiliki hak untuk memuaskan kebutuhan rohani mereka.

    Warisan reformasi Uni Soviet lama telah sebagian besar dibatalkan oleh Presiden Vladimir V. Putin. Namun keterbukaan terhadap kehidupan religius di lingkungan Soviet telah berlangsung lama. Gorbachev menjalin kontak diplomatik formal dengan Vatikan dan membantu menyebarluaskan undang-undang tentang kebebasan hati nurani.

    Pada tahun 1985 Gorbachev menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis, pada usia 54 tahun. Saat melibatkan negara-negara lain dalam isu-isu seperti pengurangan senjata nuklir, ia menggulingkan sistem sosial dan ekonomi yang menindas di Uni Soviet.

    Gorbachev menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1990 untuk perannya dalam mengakhiri Perang Dingin. Pada tahun yang sama, ia mengambil peran yang baru sebagai presiden Uni Soviet. Reformasi Gorbachev memicu reaksi balasan dari komunis garis keras, yang melancarkan upaya kudeta yang gagal pada Agustus 1991 dan sempat menahannya di bawah tahanan rumah. Presiden Rusia Boris Yeltsin, saingan politik Gorbachev, menjadi terkenal dengan menolak kudeta. Setelah upaya kudeta, Uni Republik Sosialis Soviet terpecah menjadi lima belas negara terpisah. Pada bulan Desember, Gorbachev mengundurkan diri dari kursi kepresidenan.

    Perannya di Rusia pasca-Soviet sepenuhnya terpinggirkan. Ia sering disalahkan atas kesulitan ekonomi yang parah dan terkadang mematikan setelah runtuhnya Uni Soviet.

    Pada hari Rabu, Paus Fransiskus menulis kepada putri Gorbachev, Irina Gorbachev, menyampaikan “belasungkawa yang tulus”. Dia menyuarakan “kedekatan spiritualnya” dengan mereka yang berduka.

    “Saat kami dengan penuh syukur mengingat komitmennya yang berpandangan jauh ke depan untuk kerukunan dan persaudaraan di antara orang-orang, serta untuk kemajuan negaranya sendiri pada saat perubahan penting, saya memanjatkan doa hak pilih, memohon perdamaian abadi untuk jiwanya dari kebaikan dan Tuhan yang pengasih,” kata paus.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI