26.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Seorang Nenek di Inggris Ditangkap Karena Berdoa di Dekat Klinik Aborsi

BERITA LAIN

More
    Rose Lalor. Catholic Herald

    LIVERPOOL, Pena Katolik – Seorang nenek Inggris berusia 76 tahun yang didenda karena berdoa di dekat klinik aborsi telah berhasil membatalkan hukuman finansialnya, tetapi para pegiat hak asasi manusia masih khawatir bahwa denda ini merupakan “tren yang mengkhawatirkan dalam penegakan hukum” mengenai keyakinan tertentu.

    Rosa Lalor, dari Liverpool, Inggris, dikenai denda selama lockdown pada Februari 2021 setelah seorang polisi mempertanyakan mengapa dia berada di luar ruangan. Dia menjawab bahwa dia “berjalan dan berdoa.” Petugas itu mengatakan bahwa ini bukan “alasan yang masuk akal,” Polisi menuduh, wanita itu sedang dominstrasi. Ia kemudian ditangkap, ditahan, dan didenda.

    Polisi Merseyside kini telah mengakui bahwa Lalor seharusnya tidak ditahan karena fakta bahwa dia memiliki hak yang kuat untuk berdoa dalam hati sambil berjalan, dan bahwa tindakannya masuk akal dan dapat diterima di bawah peraturan COVID-19. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis 18 Juli 2022, Jeremiah Igunnubole, penasihat hukum untuk ADF UK, yang mendukung kasus Lalor, mengatakan bahwa insiden kontroversial tersebut mengkhawatirkan di mana individu menghadapi hukuman karena memegang keyakinan.

    “Kami senang merayakan kemenangan untuk Rosa hari ini, tetapi sangat disesalkan bahwa wanita yang taat hukum ini menjadi sasaran proses kriminal yang menyedihkan dan berlarut-larut, tidak diragukan lagi karena ia seorang pro-life.”

    Igunnubole kemudian menyerukan peningkatan pengetahuan polisi di seluruh negeri untuk memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang tepat tentang hak atas kebebasan berekspresi dan beragama yang berkaitan dengan ketertiban umum.

    Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan 18 Juli, Lalor mengatakan: “Saya senang bahwa penuntut akhirnya membatalkan dakwaan ini setelah perjuangan yang panjang dan melelahkan untuk keadilan. Saya mengambil tantangan ini dengan dukungan dari ADF UK untuk menunjukkan bahwa kita semua memiliki hak mendasar untuk berdoa, paling tidak berdoa seperti yang saya lakukan, dalam privasi pikiran saya sendiri.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI