27.5 C
Jakarta
Tuesday, April 23, 2024

Fransiskus Mengkonfirmasi Beatifikasi “Paus yang Tersenyum”, Pernah Menegur Keras Serikat Yesus

BERITA LAIN

More
    Paus Yohanes Paulus I. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Abad ke-20 adalah era besar bagi paus, dengan beberapa diakui sebagai orang suci. Paus Fransiskus sendiri telah mengkanonisasi Paus St Yohanes XXIII, Paus St Paulus VI dan Paus St Yohanes Paulus II dan penyebab Yang Mulia Paus Pius XII, yang menyembunyikan 477 orang Yahudi Romawi dari Nazi di Vatikan dan 3.000 lainnya di Castel Gandolfo, kepausan tempat tinggal musim panas, juga berkembang dengan baik, sebagaimana mestinya.

    Pada tanggal 4 September 2022, Paus Yohanes Paulus I akan menjadi Paus terbaru yang mengambil langkah besar menuju kesucian. Ia akan dibeatifikasi oleh Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus. Beberapa orang mungkin berpendapat, bahwa kesucian datang terlalu mudah bagi penerus modern Santo Petrus. Tapi mungkin saja, ini adalah generasi suci yang unik.

    Antara 872 dan 1012 paus umumnya ditempatkan oleh keluarga gangster Romawi dan sepertiga dari mereka meninggal dengan kejam, kadang-kadang mengerikan, meskipun mereka bukan martir. Kesucian Yohanes Paulus I layak dinilai dari kemampuannya. Ini termasuk keajaiban yang menarik yang menjadi alasan beatifikasinya, yang melibatkan penyembuhan Candela Giarda Sosa yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan, seorang gadis berusia 11 tahun dari Paraná, Argentina, yang diperkirakan meninggal karena radang ensefalopati dan syok septik pada malam ibunya dan seorang imam memohon syafaat Yohanes Paulus untuk menyelamatkan hidupnya.

    Yohanes Paulus I telah meninggalkan warisan yang luar biasa meskipun dia memerintah hanya selama 33 hari, terpilih pada 26 Agustus 1978 dan meninggal karena serangan jantung pada 28 September tahun yang sama, pada usia hanya 65.

    Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin menulis di L’Osservatore Romano bahwa Paus Yohanes Paulus I adalah dan tetap menjadi titik acuan dalam sejarah Gereja universal. Paus Fransiskus juga sering mengambil “paus yang tersenyum” sebagai model gaya kepausannya sendiri.

    Dalam bukunya tahun 2016, The Name of God is Mercy, Fransiskus merujuk kepada Yohanes Paulus I lebih sering daripada pendahulunya. Dia mengutip homili 6 September 1978, di mana paus mengatakan bahwa dia dipilih “karena Tuhan lebih suka bahwa hal-hal tertentu tidak diukir dalam perunggu atau marmer tetapi di dalam debu, sehingga jika tulisan itu tetap ada, itu akan menjadi jelas. bahwa pahala itu hanya milik Tuhan”.

    Paus Fransiskus juga melembagakan Yayasan Yohanes Paulus I pada tahun 2020 untuk “mempromosikan dan menyebarluaskan kesadaran akan pemikiran, karya, dan teladan” pendahulunya itu. Apa sebenarnya yang dilakukan Yohanes Paulus I? Karakteristik utamanya mungkin adalah kerendahan hatinya.

    Ia lahir pada Oktober 171912 di Canale d’Agordo di wilayah Veneto di Italia utara, dan dibaptis Albino Luciani, ayahnya adalah seorang tukang batu dan pengurus Partai Sosialis yang mengizinkannya memasuki imamat selama ia berdiri “di sisi para pekerja”.

    Ia tidak melupakan latar belakangnya. George Weigel, menulis dalam Witness to Hope, sebagai Kardinal Venesia ia membatalkan “prosesi gondola dan perahu lain yang mencolok yang biasanya menandai masuknya seorang Patriark baru ke tahtanya. Ia menjual salib dada yang diberikan kepadanya oleh Yohanes XXIII untuk memulai penggalangan dana bagi sebuah pusat orang-orang terbelakang.

    Pada pemilihan sebagai paus, Yohanes Paulus I, ia menolak Misa penobatan sebagai Paus, lebih memilih pelantikan sederhana di mana dia menerima pallium sebagai simbol Uskup Roma. Dia “memanusiakan” kepausan, dan akan bercanda dengan wartawan dan memeluk anak-anak.

    Namun di balik layar dia pribadi yang serius. ia mengkonsolidasikan reformasi Konsili Vatikan II. Dia mungkin tetap “di pihak pekerja” tetapi dia tidak pernah menjadi seorang Sosialis. Sebaliknya, ia adalah putra Gereja yang sangat setia, yang berusaha membuat iman Katolik dapat diakses dan menarik bagi dunia modern, tanpa melemahkan doktrin. Pada saat yang sama ia segera bergerak untuk melawan ekses-ekses liberal yang liar atau kaum kiri yang keras.

    Ia pernah menulis surat keras kepada anggota Serikat Yesus. Langkah-langkahnya selama hidup mengungkapkan bahwa Yohanes Paulus I bermaksud untuk melangkah lebih jauh daripada Paus Paulus VI dalam menuntut kepatuhan dari para Yesuit. pada saat mereka memberontak terhadap ajaran Gereja tentang kontrasepsi, selibat imamat, dan penahbisan wanita.

    Dia ingin memberi mereka “kebenaran murni”, menurut seorang Jesuit yang telah melihat pidato yang tidak diterbitkan, dalam sebuah pendekatan yang tidak bertentangan dengan pendekatan reformis pasca-konsili yang lembut seperti yang sering digambarkan.

    Pada prinsipnya, dia memperingatkan para Yesuit dengan keras, tentang sekularisasi dan dia membuat enam tuntutan dari mereka, termasuk desakan bahwa mereka tidak boleh membingungkan umat beriman tetapi menjadi penafsir Magisterium yang otentik.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI