26.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Akankah Paus Fransiskus Menulis Ulang Aturan Terkait Pengunduran Diri Paus?

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan Paus Emeritus Benediktus XVI. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Dengan spekulasi yang tersebar luas, apakah Paus Fransiskus dapat atau akan mengundurkan diri, dan apakah ia akan pensiun ke tempat tinggal di Taman Vatikan seperti Benediktus XVI, ada baiknya analisa apa yang sebenarnya dikatakan paus, dan bagaimana hal ini sejalan dengan proyek reformasinya yang lebih luas untuk Gereja, Kuria Roma dan Gereja Katolik.

    Paus Fransiskus telah mengumumkan, sekali lagi, bahwa dia tidak bermaksud untuk meninggalkan pelayanan Petrine (pensiun sebagai seorang Paus). Jika dan ketika dia melakukannya, dia tidak akan mengambil gelar Paus Emeritus.

    Sebaliknya, Fransiskus akan menjadi Uskup Emeritus Roma. Dia akan mendengar pengakuan dosa dan mendedikasikan dirinya untuk orang miskin. Pertanyaann saat ini, di manakah perbedaan pemikiran keduanya, Benediktus XVI dan Fransiskus.

    Komentarnya baru-baru ini menunjukkan bahwa Paus Fransiskus mungkin akan tinggal di Basilika Yohanes Lateran, yang merupakan tempat kedudukan paus sebagai Uskup Roma. Paus Fransiskus juga secara jelas mengungkapkan bagaimana jabatan Paus Emeritus harus didefinisikan dan bagaimana dia akan menafsirkan perannya sendiri setelah kemungkinan pensiun.

    Konsepsi Paus Fransiskus tentang jabatan itu berbeda dari pendahulunya: Benediktus XVI yang memutuskan untuk mengambil gelar Paus Emeritus, untuk terus mengenakan pakaian putih, meskipun tanpa la pellegrina, jubah putih yang melambangkan otoritas episkopal.

    Benediktus XVI mendefinisikan syarat-syarat pengunduran dirinya dalam audiensi umum terakhirnya sebagai Paus pada 27 Februari 2013: “Tidak bisa lagi kembali ke ranah pribadi. Keputusan saya untuk mengundurkan diri dari pelaksanaan aktif pelayanan tidak mencabut ini. Saya jangan kembali ke kehidupan pribadi, ke kehidupan perjalanan, pertemuan, resepsi, konferensi, dan sebagainya. Saya tidak meninggalkan salib, tetapi tetap dengan cara baru di sisi Tuhan yang tersalib.”

    Apakah seseorang tetap menjadi paus selamanya? Dalam praktiknya, Benediktus XVI membedakan antara munus dan officium, yaitu antara fungsi dan pelaksanaan fungsi (kepausan). Ini berarti setelah terpilih menjadi paus, dia tetap menjadi paus selamanya.

    Dalam arti tertentu, Benediktus XVI menyamakan, pemilihan sebagai paus dengan penahbisan uskup lebih lanjut. Teolog Karl Rahner, yang menekankan bahwa kekuatan ketertiban dan kekuatan yurisdiksi tidak dapat dipisahkan, telah menganggap keutamaan yang dianugerahkan dengan pemilihan sebagai Paus sebagai tingkat tertinggi dari sakramen tahbisan. Menurut kriteria ini, permulaan pelayanan Paus akan mewakili penahbisan yang unik.

    Paus Fransiskus, bagaimanapun, berencana untuk menjadi Uskup Emeritus Roma. Dia tidak lagi memiliki keunggulan Petrine dan karena itu akan kembali bekerja dalam kehidupan publik sebagai bapa pengakuan, dan kemungkinan juga tinggal di Basilika Yohanes Lateran.

    Peran ini digariskan oleh Pastor Gianfranco Ghirlanda, kanonis dan kardinal pada konsistori berikutnya, dalam sebuah esai dari tahun 2013 yang diterbitkan ulang oleh Civiltà Cattolica.

    Mencari reformasi yang berhasil

    Esai Ghirlanda menawarkan banyak pengamatan tentang peran seorang paus emeritus, dimulai dengan fakta bahwa penahbisan dan otoritas berbeda satu sama lain. Masalah ini merupakan masalah mendasar, dan muncul selama reformasi Kuria Roma ketika orang awam diizinkan untuk mengambil posisi di departemen Kuria.

    Jika itu standarnya, penahbisan uskup tidak lagi menjadi prasyarat otoritas, apalagi kolegialitas dengan Paus, yang juga seorang uskup. Dalam pernyataannya, Paus Fransiskus tampaknya berniat untuk tidak memisahkan munus dan officium. Yang satu berhenti dengan lenyapnya yang lain, dan siapa pun yang meninggalkannya akan kembali ke kehidupan sebelumnya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI