28.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Suster Dominikan Wujudkan Toleransi di Tengah Salat Idul Adha di Purwokerto

BERITA LAIN

More
    Suster Dominikan di Salat Idul Adha. Dok. Pribadi

    PURWOKERTO, Pena Katolik – Shalat Id di Area Parkir Menara Pandang Teratai Purwokerto pada hari Minggu, tanggal 10 Juli 2022, merupakan pemandangan yang langka dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan kehadiran beberapa Suster Dominikanes dan anggota Paguyuban Lintas Iman yang lainnya sebagai perwakilan dari berbagai agama diantaranya Islam, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, kepercayaan dan Kristen.

    Suasana yang sungguh membuat para jamaah heran dan terpana karena para suster dengan sigap menyambut dan mengantar para jamaah perempuan sampai tempat yang telah disediakan oleh petugas. Sementara  anggota paguyupan yang laki-laki mengantur dan mengarahkan jamaah laki-laki ke tempat yang telah tersedia.

    Shalat Iduladha yang digelar di Menara Pandang Teratai, dihadiri pula Bupati Banyumas, Achmad Husein dan dalam sambutannya mengatakan agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan supaya tidak lengah dengan kondisi Covid-19 yang sudah landai. Bertindak sebagai imam KH Makmum Al Kahfi, pengasuh Pondok Pesantren Al-Husaeni Rejasari Purwokerto.

    Anggota Paguyuban Lintas Iman yang berjumlah 52 orang, melayani ribuan umat muslim yang akan melaksanakan shalat di salah satu destinasi wisata baru yang menjadi ikon Kota Purwokerto. Kami berbagi tugas untuk menyambut para jamaah, mengantar dan mengarahkan jamaah sampai pada tempat yang telah ditentukan, menjaga keamanan parkiran, mengumpulkan infax, dan membersihkan lapangan dari sampah koran,

    Para jamaah yang datang tumpah ruah melaksanakan shalat, disambut para suster dengan sikap sopan dan salam Lotusnya, dan para jamaahpun merespon yang nampak tersirat pada raut wajah mereka yang santun bercampur  gembira. Para suster dengan sigap menyambut para jemaah dan mendampingi sampai tempat yang telah ditentukan oleh panitia. Jamaah yang datang lebih awal diarahkan langsung menempatkan diri paling ujung supaya yang datang berikutnya tidak terhalang. Pada kesempatan ini, hadir pula peserta jamaah istri bupati banyumas Ema Sulistyowati Husein langsung menempati tempat tamu undangan

    Ketua Paguyupan Lintas Iman Purwokerto Agustinus Gudyana, mengatakan bahwa keterlibatan kegiatan keagamaan di wilayah Banyumas bukanlah hal baru, karena sudah dilakukan setiap tahun kegiatan silaturahim pada setiap hari Raya Idul Fitri bersama bapak Uskup Christophorus Triharsono, para romo, para suster-bruder serta para umat yang mewakili,  berkunjung ke pesantern untuk bersilaturahmi. Selain kegiatan keagamaan, Paguyuban Lintas Agama ini juga mengadakan aksi peduli lingkungan dengan menanam pohon tahunan dan pohon buah-buahan guna menjaga kelestarian alam.

    Para suster Dominikanes komunitas persaudaraan Purwokerto, salah satu misinya menjalin relasi lintas iman. Mewakili komunitas Sr. Charlie OP, Sr. Leonyta OP, Sr Averina OP, dan Sr. Alberta OP hadir pada shalat Iduladha merupakan kegiatan  yang pertama melibatkan  diri  menyambut para jamaah. Perjumpaan yang penuh berkat sangat terkesan dengan sikapnya yang ramah ditunjukkan oleh para jamaah khususnya para ibu. Saat menyambut kedatangan para jamaah, kami disapa dengan hangat, akrab, dan penuh persaudaraan.

    Sungguh mengharukan ketika para jamaah dengan tertib mengikuti panduan dan arahan para suster. Suasana menjadi semakin akrab tanpa ada sekat pembatas agama, seusai sholat para jamaah mendatangi kami mengucapkan terima kasih dengan sukacita mengajak foto bersama secara bergantian. Sungguh hal ini merupakan pengalaman yang sangat berahmat. Mereka berharap agar kesempatan seperti ini tidak berhenti di sini tetapi berkelanjutan dengan bersilaturahmi agar terwujud hidup rukun dan damai saling berdampingan di wilayah Banyumas.  (Oleh Sr. Charlie OP)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI