Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Sebuah Paroki di Nigeria Kembali Terpukul dalam Serangan Terbaru

Pemakaman korban serangan berlatar agama di Nigeria. IST

NIGERIA, Pena Katolik – Sebuah serangan pada pagi hari Minggu 19 Juni 2022 terjadi di sebuah paroki di utara-tengah Nigeria.

“Kami kehilangan tiga anggota paroki kami, dan 36 orang diculik, sebagian besar adalah umat Katolik,” kata Pastor Francis Agba, pendeta Gereja St. Musa di Rubu, kepada CNA melalui pesan teks.

Ini adalah serangan ketiga terhadap desa ini di bulan ini. Pastor Agba adalah Kepala Paroki Santo Agustinus yang memiliki 17 gereja stasi, salah satunya adalah Gereja Santo Musa.

Ketiga gereja itu berada di kompleks desa yang disebut Rubu di Kabupaten Kajuru, kira-kira 30 mil selatan Kota Kaduna di utara-tengah Nigeria. Gereja-gereja lain yang diserang termasuk Maranatha Baptist dan Evangelical Church Winning All.

Para korban penculikan termasuk 31 perempuan dan lima laki-laki, menurut Jonathan Asake, kepala Serikat Masyarakat Kaduna Selatan (SOKAPU). Jemaah mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah memutuskan untuk menghadiri kebaktian pukul tujuh pagi dengan harapan mengurangi kemungkinan menjadi korban teroris yang telah menyerang desa berkali-kali dalam beberapa tahun terakhir. Para teroris menggagalkan rencana itu. Ketika penembakan dimulai, jemaah berlari menuju hutan tetapi tiga orang kehilangan nyawa.

Serangan lagi keesokan harinya

Desa Gwando, terletak 10 mil sebelah timur Rubu, dikepung teroris Senin, 20 Juni 2022. Menurut Stingo Usman, seorang tokoh masyarakat di Maraban Kajuru, ia mengatakan tidak ada yang tewas dalam serangan ini karena warga lari ke hutan, tapi hewan mereka dirampas.

Pasukan keamanan Nigeria berusaha untuk menanggapi serangan di Rubu satu jam setelah dimulai tetapi mengubah rencana setelah mendengar bahwa teroris telah meninggalkan kota dengan sandera mereka.

Tentara kemudian memutuskan untuk mencegat teroris di Stasiun Kutura, tetapi upaya itu dibatalkan karena jalan yang buruk. Juru bicara Kepolisian Kaduna Mohammad Jaliga Kumo tidak menanggapi permintaan komentar dari CNA.

Serangan itu adalah bagian dari kampanye sistematis oleh geng teroris Fulani untuk memaksa petani yang mayoritas beragama Kristen keluar dari tanah di Kaduna selatan, kata Asake. Serangan Minggu pagi itu terjadi sembilan hari setelah serangan teroris 5 Juni di tiga desa sekitar 12 mil jauhnya yang menewaskan 32 orang dan melukai 12 orang.

Penduduk desa yang diserang dalam serangan pada tanggal 5 Juni melaporkan bahwa sebuah helikopter melayang di atas desa dan menembakkan peluru yang membunuh atau melukai penduduk desa, bukan teroris. Komisaris Negara Bagian Kaduna untuk Keamanan Publik membantah klaim tersebut, tetapi penduduk desa telah memegang teguh dalam versi peristiwa mereka.

Dalam penggerebekan sebelumnya, 27 penduduk desa, terutama wanita, diculik. Para teroris sejak itu menghubungi kerabat menggunakan ponsel para korban penculikan dan meminta tebusan setara dengan $.1300, kata Asake.

“Kami memberi tahu para teroris bahwa sebagian besar wanita yang ditangkap adalah janda yang suaminya terbunuh dalam serangan sebelumnya,” kata Asake.

Jawaban mereka adalah bahwa para wanita dapat dikembalikan sebagai pengganti janji bahwa penduduk desa kami tidak akan pergi ke pertanian mereka dengan membawa senjata apa pun. Mereka bahkan tidak bisa membawa parang, membuat mereka benar-benar tidak berdaya selama serangan berikutnya.

“Komite Internasional Nigeria percaya para aktivis Fulani memiliki strategi serangan untuk menanamkan ketakutan, menyebabkan perpindahan, dan memungkinkan pendudukan pertanian Kristen,” Kyle Abts, direktur eksekutif Komite Internasional Nigeria (ICON), mengatakan kepada CNA. Tujuannya adalah untuk mengganggu para petani ini dari menghasilkan panen dan upah. Setelah meninggalkan daerah tersebut, tanah-tanah ini akan kembali ditempati oleh para penggembala Fulani dan keluarganya,” kata Abts.

Sarjana hak asasi manusia yang berbicara dengan CNA sangat tidak setuju dengan karakterisasi tersebut. Mereka mengatakan pembantaian di Kajuru adalah bagian dari kampanye jangka panjang oleh Muslim radikal untuk mengislamkan seluruh Nigeria. Pembunuhan meluas oleh geng teroris bersama dengan pemberontakan Islam Boko Haram dan Negara Islam Afrika Barat telah merenggut lebih dari 350.000 nyawa sejak 2001, kata Abts, dari ICON.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini