Sabtu, Juli 27, 2024
33.4 C
Jakarta

Penerima Beasiswa Nostra Aetate Berusaha Memelihara Hubungan Kristen-Muslim di Negara Asalnya

Aigerim Dyussenova. IST

ROMA, Pena Katolik – Aigerim Dyussenova, siswa terbaru Nostra Aetate Foundation, ingin mempererat ikatan antara umat Kristen dan Muslim di negara asalnya, Kazakhstan. Ia yang seorang penganut Islam, menghargai semangat persaudaraan di Roma, saat ia berteman dengan siswa Kristen dari berbagai belahan dunia.

“Selama studi saya di Kazakhstan, kebanyakan tentang teori. Di sini, dipraktekkan,” jelasnya, menggambarkan bagaimana dia hidup bersama dengan mahasiswa Kristen di The Lay Center dan berpartisipasi dalam makan, doa, dan kegiatan bersama mereka.

Selama di Roma, Dyussenova mendapat beasiswa dari Nostra Aetate Fondation, sebuah lembaga yang dimiliki Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, yang mempromosikan dialog antaragama untuk perdamaian melalui pendidikan. Yayasan memberikan beasiswa kepada siswa yang memenuhi syarat dari agama lain yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang Kekristenan melalui studi di lembaga akademik Kepausan di Roma. Program ini juga mencakup pengalaman antaragama dan budaya dalam lingkungan yang plural.

Antaragama di Kazakhstan

Dyussenova selama ini bekerja di Komite Urusan Agama Kementerian Penerangan dan Pengembangan Publik di Nur-Sultan. Dia adalah seorang mahasiswa Studi Agama di Universitas Nasional Eurasia.

“Hari ini, perwakilan dari lebih dari 3.800 asosiasi agama yang mewakili 18 pengakuan dan lebih dari 120 kelompok etnis hidup damai di Kazakhstan. Tugas kita adalah memelihara dan mempererat kerukunan antarumat beragama dan antarumat beragama di tanah air, mengembangkan hubungan yang harmonis antara perwakilan agama yang berbeda.”

Ia mencatat banyak inisiatif yang diambil Pemerintah Kazakhstan untuk tujuan ini, seperti kerangka Rapat Perwakilan Asosiasi Keagamaan Kazakhstan, Dewan Hubungan dengan Asosiasi Agama dan Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional. Pada 12 April, Vatican News melaporkan minat Paus Fransiskus untuk bepergian ke Khazakstan untuk acara terakhir ini.

Di Kongres Pemimpin Dunia dan Agama Tradisional, Dyussenova mendengar tentang Nostra Aetate Foundation dari perwakilan PCID, Mons. Khaled Akasheh. Dyussenova mengungkapkan keyakinannya bahwa pertukaran pribadi dan pengembangan jaringan persahabatan yang lebih besar dengan pengikut agama lain adalah komponen kunci dari jalan menuju perdamaian dan kolaborasi yang lebih besar di dunia.

Di Roma, ia belajar di Universitas Kepausan St. Thomas Aquinas (Angelicum) dan Institut Kepausan untuk Studi Arab dan Islam (PISAI). Dia menghadiri kelas tentang ibadah Kristen, teologi agama-agama dunia, sejarah Kristen kuno, dan hubungan Muslim-Kristen. Pengetahuan dan pengalamannya dengan teman-teman Kristennya membantunya memahami Katolik dengan lebih baik dan memotivasinya untuk mempromosikan dialog antaragama.

“Saya senang belajar agama Katolik. Apa yang penting bagi umat Katolik, juga penting bagi saya,” ujar Dyussenova.

Sentimennya menggemakan dokumen dasar Gereja Katolik tentang dialog antaragama, Nostra Aetate, yang menyatakan “Gereja Katolik tidak menolak apa pun yang benar dan suci dalam agama-agama” (2). Dyussenova mempelajari dokumen tersebut sebagai mahasiswa di Kazakhstan.

Dyussenova mengatakan bahwa dia pasti akan kembali ke negaranya sendiri dengan kesadaran yang lebih besar bahwa orang Kristen benar-benar adalah saudara laki-laki dan perempuannya dalam keluarga manusia.

“Saya sangat berterima kasih kepada Takhta Suci dan Yayasan untuk pengalaman yang luar biasa ini.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini