33.9 C
Jakarta
Thursday, April 18, 2024

Paus Fransiskus: Mari Berdoa Mengubah Dunia

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus saat menyampaikan homili dalam Misa di Gereja Nama Tersuci Yesus. Vatican News

    VATIKAN- Pena Katolik – Dalam Misa di Gereja Nama Tersuci Yesus, Paus Fransiskus bersama para Serikat Yesus merayakan peringatan 400 tahun kanonisasi St Ignatius dari Loyola, St Francis Xavier, St Teresa of Jesus, St Isidore Petani, dan St Philip Neri. Gereja ini merupakan gereja induk bagi para biarawan Serikat Yesus yang terletak di Roma, Italia.

    St Ignatius dari Loyola dikanonisasi pada 12 Maret 1622, bersama dengan sesama Yesuit yaitu St Fransiskus Xaverius. Dalam homily, Paus merenungkan kisah Injil tentang Transfigurasi Tuhan. Dia berfokus pada empat tindakan Yesus dalam Injil: Yesus “mengambil” murid-murid-Nya bersama-Nya; Dia “naik” gunung; Dia “berdoa”; dan Dia “tetap.” Bapa Suci mencatat bahwa Yesus mengambil para murid sebagai sebuah komunitas, menunjukkan kepada kita bahwa kita adalah bagian dari Gereja, dan memanggil kita untuk membentuk dan membina persekutuan.

    “Yesus memilih murid-murid-Nya, termasuk diri kita sendiri, dan membawa kita ke gunung suci-Nya untuk diubah rupa oleh kasih-Nya,” kata Paus.

    Paus Fransiskus juga menggarisbawahi bahwa orang-orang kudus yang hari jadinya kita rayakan hari ini adalah “pilar-pilar persekutuan,” dan mengundang kita semua untuk “menghargai keindahan karena telah ‘diambil,’ disatukan, oleh Yesus.

    Naik ke atas

    Dalam konteks yang Paus sampaikan, dikatakannya juga kata kerja kedua adalah “naik.” Bapa Paus melihat bahwa jalan Yesus adalah salah satu pendakian, bukan keturunan, itu bukan jalan yang mudah, tetapi perjalanan yang sulit. Hal itu berarti pergi ke ekstrem, ke ujung bumi, dan tidak tetap statis.

    “Bagi murid-murid Yesus, sekarang bukan waktunya untuk tidur, untuk membiarkan jiwa kita dibius, dibius oleh budaya konsumerisme dan individualistis saat ini. Sebaliknya, seperti yang kita pelajari dari St Teresa dari Avila, kita dipanggil untuk melampaui diri kita sendiri, untuk menyadari bahwa Allah menyatakan diri-Nya melalui perjuangan saudara-saudari kita.”

    Berdoa

    Paus Fransiskus mencatat bahwa Transfigurasi adalah pengalaman yang lahir dari doa: Yesus naik gunung untuk berdoa. Apakah kita berdoa hanya karena kebiasaan?

    “Hari ini, kita bisa bertanya pada diri sendiri tentang kehidupan doa kita sendiri. Berdoa berarti mengubah kenyataan,” kata Paus. Itu adalah “misi aktif, syafaat yang konstan… [doa] tidak jauh dari dunia, tetapi mengubah dunia,” kata Paus.

    Bapa Suci mengundang umat untuk bertanya pada diri kita sendiri, “Apakah doa membenamkan kita dalam perubahan ini? Apakah itu mengubah situasi kita?” Doa, katanya, “menyalakan api misi, mengobarkan kembali kegembiraan kita” dan mengilhami kita untuk “bermasalah” bagi mereka yang menderita.

    Tetap Setia

    Menyimpulkan tiga tindakan pertama Yesus, Paus mengatakan bahwa, “Mengambil setiap hari secara baru panggilan pribadi kita dan sejarah komunitas kita; kemudian naik menuju ketinggian yang ditunjukkan Tuhan kepada kita; dan berdoa untuk mengubah dunia tempat kita tenggelam ini.”

    Namun, katanya, ada juga kata kerja keempat dalam Injil hari ini: tetap. Di akhir Transfigurasi, kata Paus, Yesus tetap tinggal. Di zaman sekarang ini, katanya, kita sering fokus pada hal-hal sekunder, pada apa yang berlalu, melupakan apa yang tersisa. Namun, dalam Transfigurasi, kesaksian tentang Tuhan mengingatkan apa yang penting. “Betapa pentingnya,” kata Paus, “bagi kita untuk bekerja di hati kita, sehingga mereka dapat membedakan antara hal-hal Tuhan yang tersisa, dan hal-hal duniawi yang berlalu!”

    Dia mengakhiri homilinya dengan doa agar St Ignatius dapat membantu kita melestarikan kearifan sebagai harta yang selalu abadi bagi gereja dan dunia – harta yang memungkinkan kita untuk melihat kembali segala sesuatu di dalam Kristus.

    Ucapan Syukur

    Pada akhir Misa – yang dipimpinGenderal Serikat Yesus, Pastor Arturo Sosa SJ – sebuah upacara singkat berlangsung di kapel St Ignatius. Di hadapan relikui lima orang kudus yang hari jadinya diperingati pada hari itu, semua bersyukur kepada Tuhan atas karunia kesucian mereka.

    Doa dalam Misa Peringatan Kanonisasi St Ignatius, St Fransiskus Xaverius, Teresa dari Yesus, dan Philip Neri, dan St Isidorus

    Ya Tuhan, di dalam orang-orang kudus-Mu St Isidorus, St Ignatius dari Loyola, St Fransiskus Xaverius, St Teresa dari Yesus, dan St Filipus Neri, beri kami keberanian orang yang rendah hati, keberanian mereka yang percaya, kesederhanaan orang miskin dalam roh, dan semangat para prajurit yang dilucuti,

    agar kami mengizinkanmu untuk menang dan untuk membimbing Gereja Anda dan dunia menuju Pentakosta baru rahmat dan damai sejahtera, persekutuan.

    Di masa pandemi, perang, tetapi juga harapan, jadikanlah kami orang-orang kudus,

    sesuai keinginan dan keinginan. Semoga kehendak-Mu yang kudus terjadi, selalu dan dalam diri kita masing-masing.

    Samuel – Pena Katolik

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI