Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Sepuluh Tahun Kepausan Fransiskus, Ditandai Kengerian Perang

Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Irak beberapa tahun lalu.IST

VATIKAN- Pena Katolik – Paus Fransiskus memulai tahun kesepuluh kepausannya. Peringatan itu secara dramatis ditandai dengan kengerian perang di jantung Eropa. Sangat mengejutkan untuk mendengarkan kembali beberapa kata yang diucapkan oleh Paus setahun yang lalu, selama perjalanan apostolik yang paling penting dan berani dari kepausannya: perjalanan ke Irak.

Peristiwa ini juga menunjukkan kunjungan yang sangat diinginkannya, terlepas dari risiko dan hambatan yang berasal dari masalah keamanan yang sangat besar dari perjalanan seperti itu, terutama bagi mereka yang berpartisipasi dalam perayaan dan pertemuan.

Melawan segala rintangan, pada bulan Maret 2021, Paus Fransiskus melakukan ziarah itu, salah satu impian St. Yohanes Paulus II yang tidak pernah terwujud, untuk menunjukkan kedekatannya dengan semua korban fundamentalisme, untuk memberikan dorongan kepada jalan sulit rekonstruksi negara, untuk mengulurkan tangan kepada banyak Muslim damai yang ingin hidup damai dengan orang Kristen dan dengan anggota agama lain.

Puncak perjalanan kunjungan

Puncak dari perjalanan itu adalah kunjungan, oleh Uskup Roma, ke kota Mosul yang penuh puing-puing. Pada kesempatan itu, Paus Fransiskus berkata, “Hari ini kita semua mengangkat suara kita dalam doa kepada Tuhan Yang Mahakuasa untuk semua korban perang dan konflik bersenjata. Di sini, di Mosul, konsekuensi tragis perang dan permusuhan terlalu nyata. Betapa kejamnya itu. adalah bahwa negara ini, tempat lahirnya peradaban, seharusnya terkena pukulan yang begitu biadab, dengan hancurnya tempat-tempat ibadah kuno dan ribuan orang – Muslim, Kristen, Yazidi, yang dimusnahkan dengan kejam oleh terorisme, dan lainnya – dipindahkan secara paksa atau dibunuh!”

Satu tahun kemudian, sekali lagi, konsekuensi tragis dari perang kotor di Ukraina, yang secara munafik didefinisikan sebagai “operasi militer khusus,” berada di depan mata dunia, dengan beban rasa sakit, penderitaan, tubuh orang-orang yang tidak bersalah terkoyak, anak-anak terbunuh, keluarga terpecah, jutaan pengungsi terpaksa meninggalkan segalanya untuk menghindari bom, kota-kota berubah menjadi medan perang, rumah-rumah dihancurkan dan dibakar.

Paus juga menyampaikan bahwa masih ada hati yang terluka, mereka yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk sembuh.

“Kali ini perang sudah dekat. Itu tidak jauh seperti yang ada di Irak, di mana Paus Wojtyla – tanpa diindahkan – telah secara nubuat memohon agar tidak terjadi. Sebuah perang yang mengubah tanah Abraham menjadi tangki terorisme.”

Paus Fransiskus juga menegaskan seperti setahun yang lalu di Mosul keyakinannya bahwa persaudaraan lebih tahan lama daripada pembunuhan saudara. Paus Fransiskus menegaskan bahwa harapan lebih kuat daripada kebencian, bahwa perdamaian lebih kuat daripada perang. Ia memohon kepada Tuhan untuk karunia perdamaian, tanpa pernah berhenti mencari dan mengejarnya, tanpa meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat untuk mendapatkan gencatan senjata dan awal dari negosiasi yang sebenarnya.

Paus Fransiskus mengingatkan jika manusia menginginkan perdamaian, maka manusia harus mempersiapkan perdamaian, bukan perang. Diperlukan keberanian dan kreativitas untuk menempuh jalan baru untuk membangun koeksistensi antar bangsa yang tidak berdasarkan balance of force dan deterrence.

Samuel -Pena Katolik

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini