33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Bacaan Injil dan Renungan Harian Senin 14 Februari 2022

BERITA LAIN

More

    Bacaan I: Yak. 1:1-11

    “Mengapa angkatan ini meminta tanda?”

    SEKALI peristiwa datanglah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari surga. Maka mengeluhlah Yesus dalam hati dan berkata, “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sungguh, kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberikan tanda.” Lalu Yesus meninggalkan mereka. Ia naik ke perahu dan bertolak ke seberang.

    Demikianlah Sabda Tuhan.

    U. Terpujilah Kristus.

    Hakuna Matata

    JIKA kita pernah menonton film animasi Disney yang berjudul The Lion King, maka pasti tidak asing lagi dengan istilah ‘hakuna matata.’ Istilah ini berasal dari bahasa Swahili yang juga dikenal dengan Kiswahili yaitu sebuah bahasa suku Bantu dalam bahasa utama masyarakat Swahili yang berada di daerah danau-danau besar di Afrika bagian timur. Hakuna matata memiliki arti jangan khawatir. Istilah hakuna matata bisa dikatakan sebagai inti pesan dari film The Lion King.

    Istilah Ini pertama kali diucapkan oleh dua sahabat, yaitu Pumba si babi hutan dan Timon si meerkat. Mereka berulang kali mengucapkan kalimat tersebut kepada Simba si singa cilik dan mengajarkan Simba untuk menghidupi istilah tersebut. Simba yang memiliki masalah berat menjadi pribadi yang lebih ceria setelah mengenal Pumba dan Timon. Istilah hakuna matata mengajarkan Simba untuk lebih optimis menjalani hidup dan mengubahnya menjadi pribadi yang lebih ceria.

       Hakuna matata sangat cocok untuk dijadikan prinsip hidup kita sebagai orang percaya. Alkitab menyebutkan banyak sekali nasihat supaya kita tidak perlu cemas dan khawatir akan kehidupan kita dan masalah apapun yang kita hadapi. Oleh karena Tuhan yang memelihara kita, maka jangan khawatir akan segala kebutuhan kita, seperti yang dikatakan Tuhan Yesus, “Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah khawatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah khawatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian? (Mat 6:25).   Paulus menulis dalam suratnya kepada jemaat di Filipi supaya kita tidak usah khawatir melainkan menyerahkan semua permohonan itu kepada Tuhan yang akan memberikan damai sejahtera bagi kita. Jika Tuhan ada di pihak kita, kekhawatiran seperti apapun tidak ada gunanya dan harus kita buang jauh-jauh. Hakuna matata, jangan khawatir karena Tuhan adalah gembala dan penjaga kehidupan setiap orang percaya. Tuhan Yesus memberkati.

    Doa:

    Tuhan Yesus, aku tidak cemas akan kehidupanku. Aku percaya bahwa yang terbaik akan Kau berikan kepadaku. Amin. (Dod).

    +BDGY.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI