25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Kembali, Paus Fransiskus Menyerukan Doa di Tengah Situasi Ukraina yang Semakin Tegang

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mendesak para pemimpin dunia untuk mencari solusi damai untuk situasi di dalam dan sekitar Ukraina. Negara-negara Barat memperingatkan bisa jadi Rusia dapat menyerang tetangganya kapan saja.

    Ketika sejumlah negara Barat mendesak warganya untuk meninggalkan Ukraina, Paus Fransiskus memperbarui doanya untuk negara Eropa timur itu. Berbicara hari Minggu di Angelus di Lapangan Santo Petrus, Paus mengatakan berita yang keluar dari Ukraina “sangat mengkhawatirkan”.

    Paus mempercayakan situasi itu kepada perantaraan Perawan Maria yang Terberkati, dan mengimbau para pemimpin politik untuk tidak berusaha mencari perdamaian. Dan dia mengundang semua orang untuk berdoa dalam keheningan sejenak agar perdamaian dapat terwujud.

    “Berita yang keluar dari Ukraina sangat mengkhawatirkan. Saya mempercayakan syafaat Perawan Maria, dan hati nurani para pemimpin politik, setiap upaya atas nama perdamaian. Mari kita berdoa dalam diam.”

    Potensi penderitaan yang meluas

    Seruan Paus Fransiskus untuk berdoa bagi perdamaian datang sehari setelah Presiden AS Joe Biden memperingatkan mitranya dari Rusia bahwa menyerang Ukraina akan menyebabkan “penderitaan manusia yang meluas.”

    Gedung Putih mengatakan Biden juga mengatakan kepada Presiden Rusia Putin bahwa Barat masih berkomitmen pada diplomasi untuk mengakhiri krisis. Presiden Biden menekankan bahwa sekutu Barat, dalam kata-katanya, “sama-sama siap untuk skenario lain.” Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menjelaskan bahwa skenario tersebut dapat mencakup sanksi dan aksi militer di Eropa Timur.

    “Kami dan sekutu kami telah memperjelas hal ini kepada Moskow: Jika Presiden Putin memutuskan untuk mengambil tindakan militer, kami akan segera menjatuhkan sanksi ekonomi yang berat dalam koordinasi dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia. Kami akan meningkatkan kemampuan Ukraina untuk mempertahankan diri; kami akan memperkuat sekutu kami di sisi timur NATO,” kata Blinken kepada wartawan.

    Dia menambahkan bahwa dia akan “menggarisbawahi persatuan dan tekad ini” ketika berbicara dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Ketika pembangunan militer Rusia berlanjut, Blinken juga mengatakan ancaman “segera” dari invasi Rusia membenarkan evakuasi kedutaan AS di Kyiv, Ukraina.

    Wakil Laksamana Nils Andreas Stensønes, kepala dinas intelijen Norwegia, mengatakan Rusia sekarang memiliki 150.000 tentara yang berkumpul di sekitar Ukraina. Itu lebih dari perkiraan Ukraina dan AS sebelumnya. Gedung Putih tidak menyarankan bahwa percakapan telepon selama satu jam antara Presiden Biden dan Putin pada hari Minggu mengurangi ancaman perang yang akan segera terjadi di Eropa.

    Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berusaha keras untuk mendesak ketenangan. Dia mengatakan bangsanya sekarang lebih siap setelah Rusia mencaplok Semenanjung Krimea Ukraina pada 2014 dan mendukung separatis pro-Rusia di timur. “Kami harus siap setiap hari. Dan itu [ketegangan dengan Rusia] dimulai bukan kemarin. Ini dimulai pada 2014. Jadi kami siap,” katanya.

    Zelensky menekankan bahwa dia menyadari “bisa setiap hari” [bahwa invasi Rusia dimulai]. Itu sebabnya saya harus menganalisis semua informasi yang kami miliki. Kami memiliki banyak informasi karena kami berada di perbatasan ini. Mereka adalah perbatasan kita; itu wilayah kita,” katanya.

    “Dan sekarang sahabat terbaik bagi musuh yang panik di negara kita. Dan semua informasi ini hanya membantu menciptakan kepanikan. Itu tidak membantu kita,” tambah pemimpin Ukraina itu.

    Seruannya untuk tenang juga mengikuti pernyataan dari seorang ahli militer terkemuka Rusia. Kolonel Konstantin Sivkov, wakil presiden Akademi Ilmu Rudal dan Artileri Rusia yang didukung Kremlin, khawatir konflik antara Rusia dan Amerika Serikat mengenai Ukraina dapat meningkat menjadi perang nuklir.

    Itu, katanya, akan menjadi “jalan menuju Armagedon,” mengacu pada pertempuran Alkitab di akhir zaman. Dia mengatakan perang nuklir seperti itu akan menghancurkan AS dan Rusia yang dikenal saat ini, dan mengubah dunia selamanya. Dengan begitu banyak yang dipertaruhkan, diplomasi terus mengatasi apa yang disebut sebagai krisis keamanan terbesar Eropa dalam beberapa dasawarsa.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI