29.7 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Mahkamah Agung Pakistan Memutuskan Akan Membebaskan Christian Nadeem Samson, Seorang Terdakwa Penistaan Agama

BERITA LAIN

More
    Nadeem Samson. IST

    PAKISTAN, Pena Katolik – Pada tanggal 6 Januari, di bawah tekanan yang meningkat dari komunitas internasional, Hakim Mahkamah Agung Pakistan pagi ini setuju untuk memberikan jaminan dan memutuskan bahwa Nadeem Samsom harus segera dibebaskan. Keputusan ini dikeluarkan menyusul  dukungan dari pengacara Pakistan Saif-ul-malook dan dukungan terus menerus dari jurnalis investigasi Gary Cartwright dan Willy Fautré dari Human Rights Without Borders.

    Pria Kristen ini telah dipenjara sejak 2017 karena dugaan penistaan. Pada 2 Januari 2022, Andy Vermaut sebagai perwakilan dari Aliansi Internasional untuk Pertahanan Hak dan Kebebasan (AIDL) & gerakan hak fundamental Postversa di Bed & Breakfast Hortense di kota Koekelare, Belgia, mengadakan pertemuan dengan saudara kandung Shakeel Anjum Raphael (nama samaran) dari Nadeem Samson yang datang terutama dari New York ke kota Diksmuide Belgia dan Kota Koekelare untuk membahas strategi terbaru untuk membebaskan saudaranya.

    “Sementara itu, saya terus-menerus berhubungan dengan Willy Fautré, Gary Cartwright dan Manel Msalmi dan Sekretariat Internasional Aliansi Internasional untuk Pertahanan Hak dan Kebebasan (AIDL) di Paris untuk terus menekan dan mempertahankan kasus ini di agenda internasional. Kerja keras pasti terbayar,” ujar Andy Vermaut.

    Andy mengatakan, pertama-tama, ia ingin menyoroti dukungan Gereja Katolik dalam hal ini dan bantuan saudaranya Shakeel Raphael yang bekerja siang dan malam untuk memasukkan ini ke dalam agenda internasional. Tanpa Komisi Nasional untuk Keadilan dan Perdamaian Konferensi Uskup  Pakistan, yang menanggung biaya hukum dari kasus tersebut, pembebasan tidak akan mungkin. Sekarang masih ada beberapa formalitas administratif yang harus diselesaikan.

    Perintah pembebasan sekarang harus dimasukkan ke dalam perintah kekuasaan administratif. Komisi Nasional Keadilan dan Perdamaian telah mengumumkan bahwa mereka akan membayar semua biaya hukum, karena tanpa dukungan keuangan mereka, tidak ada pembelaan yang layak.

    “Tentu saja, kami belum dapat mengumumkan kemenangan total. Setelah pembebasannya, dia sama sekali tidak aman di Pakistan. Komisi Nasional Keadilan dan Perdamaian harus memastikan bahwa dia mendapat rumah yang aman, di mana dia akan dilindungi secara permanen dari ancaman pembunuhan.

    Meskipun pria itu tidak bersalah, dia sekarang juga harus takut akan hidupnya di Pakistan. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada Laurent Brihay dari klub pers di Brussel atas konferensi tingkat tinggi yang dapat kami selenggarakan di sana pada 28 Juli di Klub Pers Brussel Eropa di bawah naungan Alliance Internationale pour la Défense des droits et des Libertés (AIDL) dari Paris.

    “Anda tidak dapat melakukan upaya hukum semacam ini sendirian, Anda harus dapat bekerja sama dalam koalisi organisasi, jika tidak, Anda tidak dapat melawan kekuatan negara. Bersama-sama kami adalah ksatria putih yang masih percaya pada keadilan bagi Nadeem Samson,” ujar Andy.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI