Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Enam Belas Bayi Menerima Sakramen Pembaptisan di Kapel Sistina Pada Pesta Pembaptisan Tuhan Hari ini

Paus Fransiskus saat membaptis bayi di Kapel Sistina. Vatican News

VATIKAN, Pena Katolik – Enam belas bayi akan menerima Sakramen Pembaptisan di Kapel Sistina di Vatikan pada Pesta Pembaptisan Tuhan, 9 Januari 2022. Pembaptisan ini adalah tradisi yang sudah berusia 40 tahun dan ditetapkan pertama kali oleh Paus Santo Yohanes Paulus II pada tahun 1981.

Keenam belas anak kecil yang dibaptis oleh Paus Fransiskus pada Minggu pagi, 9 Januari 2022, adalah bayi yang baru lahir dari keluarga pegawai Takhta Suci dan Kuria Roma. Pembaptisan berlangsung selama Misa Kudus yang dirayakan oleh Paus di tengah-tengah kemegahan lukisan dinding Michelangelo.

Jadi, dalam empat puluh tahun terakhir, ratusan anak telah memasuki kehidupan Kristen, menerima Sakramen Pembaptisan oleh seorang Paus, di tempat di mana keindahan dan kesakralan bersatu menjadi satu. Ini adalah tempat yang abadi dan khusyuk, tempat di mana yang suci melampaui abad. Di sanalah Roh Kudus turun ke Kolese Kardinal selama Konklaf untuk memilih Penerus Petrus di masa depan: Kapel Sistina.

Pengaturan pemilihan Paus yang megah, sebuah mahakarya Renaisans yang dikunjungi hampir lima juta turis setiap tahun.

Anak-anak karyawan Tahta Suci

Bayi-bayi yang diberi hak istimewa untuk menerima Sakramen pertama dari Paus sendiri adalah anak-anak pegawai Takhta Suci dan Kuria Romawi. Tradisi ini didirikan oleh Paus St. Yohanes Paulus II, pada tanggal 11 Januari 1981. Awalnya, upacara berlangsung di Kapel Paulus di Istana Apostolik, dan kemudian sejak tahun 1983, di Kapel Sistina di dekatnya.

Awalnya, upacara pembaptisan Kapel Sistina hanya diperuntukkan bagi keturunan Pengawal Swiss tetapi kemudian diperluas ke anak-anak pejabat awam Kuria.

“Untuk satu hari, kapel Michelangelo menjadi paroki kami. Suasananya sangat kekeluargaan, pastoral, dan Paus merasa sangat nyaman dalam peran pastor paroki ini. Dia bahkan memberikan nasihat kepada ibu-ibu muda,” kenang Mario Galgano, seorang karyawan Dikasteri Komunikasi Takhta Suci.

Mario berbicara dari pengalaman ketika bayi perempuannya sendiri, Sofia, dibaptis oleh Paus Fransiskus di Kapel Sistina pada Januari 2014. Itu adalah yang “pertama” bagi Paus Argentina yang telah dinobatkan tahun sebelumnya.

Prosesnya diawasi oleh Kantor Perayaan Liturgi Paus Tertinggi, dan ditawarkan kepada anak-anak dari pasangan yang menikah di Gereja menurut ritus Katolik. Agar memenuhi syarat, anak tersebut harus berusia di bawah satu tahun.

Setiap anak dapat ditemani oleh empat tamu: kedua orang tua, ayah baptis dan ibu baptis; seluruh keluarga dapat mengikuti upacara secara langsung melalui Media Vatikan dan stasiun televisi dan radio mitra.

Dari kardinal hingga bayi

Setelah gladi bersih tanpa kehadiran Paus, upacara sebenarnya cukup mewah dan khidmat, terima kasih juga untuk iringan musik yang indah yang disediakan oleh paduan suara Kapel Sistina. Kapel  berusia lima abad ini dipenuhi dengan suasana hangat dan muda dari keluarga bahagia. Gemericik bayi bergema di bawah lemari besi Michelangelo, dan setumpuk kereta bayi menempati sudut kapel.

Dan seperti yang diungkapkan Mario Galgano, bahkan ada sederet meja ganti pakaian bayi yang disiapkan untuk acara tersebut di dekat salah satu ruangan Istana Apostolik. Lagi pula, tambahnya, inilah yang diinginkan Paus Fransiskus, seperti yang ditunjukkan oleh kata-katanya yang meyakinkan kepada orang tua dari yang baru dibaptis pada tahun 2020 ketika dia mengatakan kepada mereka “untuk membiarkan anak-anak mereka menangis dan berteriak” selama Misa.

“Tangisan mereka memiliki dimensi paduan suara. Cukup bagi salah satu dari mereka untuk mulai ‘menyanyi’ dan semua orang mengikuti dan akan ada konser. Ini homili yang indah,” kata Paus suatu kali.

Menurut Mario Galgano, momen seperti itu juga merupakan kesempatan “untuk memberikan visibilitas” kepada anak-anak Vatikan.

“Orang-orang menganggap Vatikan sebagai biara besar. Tapi ada keluarga yang tinggal dan bekerja di sini, dan anak-anak mereka hadir dan berpartisipasi dalam kehidupan kota,” katanya.

Sofia Galgano sekarang berusia 8 tahun dan, tentu saja, tidak ingat pembaptisannya yang luar biasa, tetapi dia sangat menyadarinya saat dia bersiap untuk menerima Komuni Kudus Pertama di salah satu paroki di Roma.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini