Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Kanonisasi Katedral Maria Ratu Arab

Katedral Maria Ratu Arab di Bahrain. IST

BAHRAIN, Pena Katolik – Perfek Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa, Kardinal Luis Antonio Tagle menahbiskan Katedral Maria Ratu Arab di Bahrain, 10 Desember 2021. Kardinal Tagle merayakan Misa yang disiarkan langsung di katedral berbentuk bahtera itu, sehari setelah diresmikan oleh Hamad bin Isa Al Khalifa, Raja Bahrain, yang memberikan tanah sebagai hadiah untuk komunitas Katolik.

“Saudara-saudaraku yang terkasih, kami memuji Tuhan atas karunia Katedral Maria Ratu Arab. Itu adalah tanda yang hidup dari pemeliharaan Tuhan bagi umat-Nya,” kata Kardinal Tagle.

“Bapa Suci, Paus Fransiskus, dan komunitas Katolik di Bahrain berterima kasih kepada Yang Mulia Raja Hamad bin Isa bin Salman Al Khalifa karena mempertahankan tradisi dukungan keluarga kerajaan kepada Gereja Katolik dan untuk menyumbangkan tanah yang sekarang berdiri katedral.”

Kardinal Luis Antonio Tagle saat memimpin Misa Konsekrasi Katedral Maria Ratu Arab di Bahrain. IST

Konsekrasi adalah akhir dari perjalanan yang dimulai pada 11 Februari 2013, pesta Maria Lourdes, ketika keputusan untuk membangun katedral diambil. Uskup Camillo Ballin, Vikaris Apostolik Arabia Utara saat itu, memutuskan bahwa katedral itu harus didedikasikan untuk Maria Ratu Arab.

Katedral adalah bagian dari kompleks sekitar 95.000 kaki persegi di Awali, sebuah kota kecil di pusat negara, yang terletak di sebelah timur Arab Saudi dan barat Qatar. Gereja ini dekat dengan ladang minyak gurun.

Diperkirakan ada 80.000 umat Katolik di Bahrain, banyak di antaranya adalah pendatang dari Asia, khususnya Filipina dan India. Mgr. Ballin meninggal pada April 2020, pada usia 75, sebelum dia dapat melihat mimpinya tentang sebuah katedral yang didedikasikan untuk Maria Ratu Arab terwujud di Bahrain.

Tagle, seorang kardinal berusia 64 tahun dari Filipina, memberikan penghormatan kepada mendiang uskup Italia dalam homilinya, serta kepada Uskup Paul Hinder, Vikaris Apostolik Arab Selatan, yang hadir dalam Misa.

“Kami mengingat dengan rasa terima kasih mendiang Uskup Camillo Ballin yang memprakarsai proyek ini, yang sekarang diselesaikan dengan sukses oleh Uskup Paul Hinder, kepada siapa kami juga berterima kasih.”

“Sebuah gereja biasanya disebut ‘Rumah Tuhan,’ dan oleh karena itu, rumah keluarga Tuhan. Rumah Tuhan dan rumah keluarga Tuhan… Di sini, keluarga Tuhan, tolong sering-seringlah pulang ke gereja ini untuk bertemu dan berbicara, berbicara dengan Bapa kami yang penyayang. Sering-seringlah pulang ke sini.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini