Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Sebuah Perarakkan Bunda Maria “Diserang” oleh Islamis Radikal di Nanterre, Prancis

Ilustrasi Perarakan Maria

NANTERRE, Pena Katolik –  Sekitar 30 umat Katolik di Nanterre, Perancis diserang secara verbal saat melakukan perarakan dari Kapel Santo Yosef Fontenelles dalam prosesi tahunan ke Paroki Santa Maria Fontenelles. Diakon Jean-Marc Sertillange mengatakan, serangan itu terjadi setelah jam 7 malam.

“Kami hanya maju beberapa ratus meter, sekelompok orang tak dikenal di jalan itu menyerang kami secara verbal,” tutur Diakon yang bertugas di Paroki Santa Maria Fontenelle situ.

Ancaman itu termasuk teriakan “kafir,” istilah Arab yang berarti ‘kafir’, dan “Wallah” ‘aku bersumpah’ di atas Quran ‘aku akan memotong tenggorokanmu’. Diakon Marc Sertillange melanjutkan,kelompok umat Katolik itu kemudian disiram dengan air.

“Mereka kemudian menyiram kami dengan air, lalu mengambil salah satu obor yang mereka lemparkan ke arah kami,” kata Diakon Marc Sertillange.

Ketika polisi tiba, kelompok yang terdiri dari sekitar selusin orang, dengan tiga pemimpin yang dilaporkan, melarikan diri. Prosesi dilanjutkan, langsung menuju paroki tanpa berhenti lebih jauh.

Nanterre, sebuah komune berpenduduk sekitar 97.000 orang, terletak di Hauts-de-Seine di bagian Utara Prancis.

Pihak berwenang setempat mengatakan bahwa mereka mengutuk keras “penghinaan, ancaman, dan intimidasi” selama prosesi dan menyatakan solidaritas mereka dengan umat Katolik Nanterre.

“Lembaga penegak hukum dikerahkan untuk menangkap dan mengadili para pelaku tindakan yang tidak dapat ditoleransi ini,” kata mereka dalam posting media sosial 11 Desember.

Kecaman

Menteri Dalam Negeri Prancis pada hari Sabtu mengutuk ancaman yang dibuat terhadap umat Katolik yang mengambil bagian dalam prosesi Maria di pinggiran barat Paris. Gérald Darmanin menyesalkan apa yang dia katakan sebagai “tindakan yang tidak dapat diterima” selama prosesi obor di Nanterre pada 8 Desember, pada hari raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda.

“Kebebasan beribadah harus dapat dilaksanakan dalam semua ketenangan di negara kita,” tulisnya di akun Twitter-nya pada 11 Desember. Ia menyatakan dukungan untuk umat Katolik di Prancis.

Bukan yang Pertama

Keuskupan Nanterre mengeluarkan pernyataannya di akun Twitter-nya pada 11 Desember. “Sebuah prosesi Maria – terdaftar di Prefektur Hauts-de-Seine – diselenggarakan antara gereja-gereja Saint-Joseph dan Sainte-Marie-des-Fontenelles di Nanterre pada 8 Desember 2021.”

“Selama pawai ini, direncanakan dua pemberhentian. Pada pemberhentian pertama, arak-arakan itu diikuti oleh beberapa orang yang melontarkan hinaan dan ancaman kasar dan kekerasan. Obor umat direnggut dan dilemparkan ke arah para peserta.”

Prosesi dimulai kembali dan dilanjutkan dengan diikuti oleh polisi. Polisi Paris mengkonfirmasi dalam posting media sosial 11 Desember bahwa pengaduan akan diajukan. Insiden di Nanterre menyusul serangan pada bulan Mei terhadap umat Katolik yang mengambil bagian dalam prosesi di Paris untuk memperingati para martir kota itu pada abad ke-19.

Segera setelah kelompok itu meninggalkan alun-alun de la Roquette, di sebelah timur pusat kota, mereka yang berada dalam prosesi itu menjadi sasaran ejekan dan siulan. Pelaku diidentifikasi sebagai “antifas”, atau anti-fasis.

Beberapa menit kemudian, sekitar 10 pria dilaporkan secara fisik menyerang prosesi tersebut, menghancurkan bendera dan melemparkan proyektil. Dua orang tua tersungkur ke tanah, dengan satu orang kemudian membutuhkan jahitan karena cedera kepala. Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan demonstran sayap kiri berpakaian hitam meninju dan menendang peserta dalam prosesi.

Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) mencatat 159 kejahatan kebencian terhadap orang Kristen di Prancis tahun lalu. Angka-angkanya menunjukkan bahwa jumlah kejahatan kebencian terhadap orang Kristen meningkat tajam di seluruh Eropa pada tahun 2020. Pada bulan Agustus, imam Katolik Fr. Olivier Maire dibunuh di Saint-Laurent-sur-Svre, sebuah komune di departemen Vendée di barat Prancis.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini