29.1 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Bacaan dan Renungan Hari Senin 29 November 2021; Masa Adven I

BERITA LAIN

More

    Bacaan I : Yes 2:1-5

    Tuhan menghimpun semua bangsa dalam kerajaan damai abadi Allah.

    INILAH firman yang dinyatakan kepada Yesaya, putera Amos, tentang Yehuda dan Yerusalem. “Pada hari-hari yang terakhir akan terjadilah hal-hal ini: di atas gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit.

    Segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata, ‘Mari, kita naik ke gunung Tuhan, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuh jalan itu.

    Sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan dari Yerusalem akan keluar sabda Tuhan.’ Tuhan akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa. Maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas.

    Bangsa yang satu tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa yang lain, dan mereka tidak akan lagi berlatih perang. Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang Tuhan!”

    Atau dalam tahun A (Yes 4:2-6)

    “Akan terjadi sukacita bagi orang-orang Israel yang selamat.”

    PADA waktu itu tunas yang ditumbuhkan Tuhan akan menjadi permai dan mulia, dan hasil bumi akan menjadi kebanggaan serta kehormatan bagi orang-orang Israel yang selamat. Dan semua orang yang tertinggal di Sion dan yang tersisa di Yerusalem akan disebut kudus.

    Mereka itu ialah setiap orang di Yerusalem yang tercatat untuk beroleh hidup, apabila Tuhan telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.

    Maka Tuhan akan menjadikan di atas seluruh wilayah Gunung Sion dan di atas semua pertemuan yang diadakan di situ, segumpal awan pada waktu siang dan segumpal asap serta sinar api yang menyala-nyala pada waktu malam.

    Sebab di atas semuanya itu akan ada kemuliaan Tuhan sebagai tudung dan pohon tempat bernaung terhadap panas terik pada waktu siang dan sebagai perlindungan serta persembunyian terhadap angin ribut dan hujan.

    Mazmur Tanggapan: Mzm 122:1-4a.4b-7.8-9

    Ref: Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, “Mari kita pergi ke rumah Tuhan.”

    • Aku bersukacita, ketika orang berkata kepadaku, “Mari kita pergi ke rumah Tuhan.” Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.
    • Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat, kepadamu suku-suku berziarah yakni suku-suku Tuhan.
    • Untuk bersyukur kepada nama Tuhan sesuai dengan peraturan bagi Israel. Sebab di Yerusalemlah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga Raja Daud.
    • Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: “Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat kesentosaan. Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan kesentosaan di dalam purimu!”
    • Oleh karena saudara-saudara dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: Semoga kesejahteraan ada di dalammu!” Oleh karena rumah Tuhan, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu.

    Bait Pengantar Injil

    Refren: Alleluya, alleluya, alleluya.

    Ayat: Mzm 80:8

    Ya Allah, pulihkanlah kami buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatlah kami.

    Bacaan Injil : Mat. 8:5–11

    Banyak orang akan datang dari timur dan barat masuk Kerajaan Surga.

    KETIKA Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: “Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.”

    Yesus berkata kepadanya: “Aku akan datang menyembuhkannya.” Tetapi jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.

    Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya.”

    Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.

    Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,

    Demikianlah Injil Tuhan

    Perangkap Minuman Keras

    SEORANG kapten kapal muda sedang berdiri di lobi sebuah hotel yang besar di Hongkong dan berbincang-bincang dengan seseorang yang berasal dari Inggris. Orang Inggris itu berkata, “Jadi, anda datang untuk melakukan bisnis di Orient? Baiklah, mari kita pergi ke bar dan anda bisa mendiskusikan rencana anda kepada saya di sana.”

    “Maafkan saya. Saya tidak pernah minum alkohol,” kata sang kapten. Wajah pria Inggris yang kemerahan tersebut tersenyum dengan tidak percaya sambil berkata, “Anda memasuki perdagangan di Orient tanpa minum whiski dan soda?”

    “Benar, Tuan!” jawab sang kapten muda.

    Kemudian si orang Inggris berkata lagi dengan senyum mengejek, “Apakah anda pikir, anda dapat sukses tanpa membawa teman-teman anda ke kedai untuk minum-minum? Jika ya maka Tuhanlah yang menolong anda!”

    Kapten muda itu menjawab, “Tuhan akan menolong saya.”

    Dan kapten kapal muda itu benar. Bertahun-tahun kemudian, Robert Dollar berdiri di lantai tingkat 10 dari bangunan yang dinamai dengan namanya, yang terletak di teluk Fransisco. Ia sedang mengawasi para pekerja yang sedang menurunkan barang dari kapal barangnya yang berdatangan dari seluruh penjuru dunia.

    Setelah berhasil menghindari perangkap minuman keras, ia akhirnya benar-benar diberkati secara melimpah oleh Tuhan.

      Tuhan mencari orang yang bersungguh hati dan bisa dipercaya. Ketika kualitas hidup sebagai orang percaya kita miliki, maka kita tidak perlu mengejar berkat, karena berkatlah yang akan mengejar kita. Beranikah kita berkata seperti ini kepada Tuhan, “Tuhan. Berhenti mencari orang. Orang itu ada di sini. Saya bisa dipercaya oleh Tuhan.” Tuhan Yesus memberkati.

    Doa

    Tuhan Yesus, kuduskanlah diriku dari kecemaran-kecemaran dunia agar aku dapat Engkau pakai menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Amin.

    Selamat pagi dan berkiprah dihari Senin..Tuhan Yesus Yang Maharahim dn Sang Raja Damai membentengi kita sekeluarga dn umat manusia dimuka bumi yang berserah padaNya dengan para malaikat yang kudus dan menutup bungkus dengan DarahNya Yang Mahakudus serta melindungi kita sekel dan manusia diseluruh dunia yang berserah padaNya dari pandemi Covid 19 serta memberi kesejahteraan dn kesehatan prima sepanjang tahun 2021.Amen.

    +BDGY.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI