Kongregasi Suster Membantu Pendidikan Anak-Anak Terdampak Pandemi di Vietnam

0
827
Anak-anak sekolah di Vietnam. (IST)

HO CHI MINH, Nguyen Duy Phuong – Seorang siswa kelas 12, mengira dia tidak mampu pergi ke sekolah tahun ini. Ayahnya, yang dulu bekerja sebagai pencari nafkah harian di Kota Ho Chi Minh, Vietnam dan menjadi pengangguran selama fase varian delta dari wabah Covid-19, kembali ke rumah dan masih tidak memiliki pekerjaan.

Ibunya meninggal bertahun-tahun yang lalu di usia muda. Dia tinggal bersama kakek-neneknya, salah satunya menderita penyakit Hansen.

Phuong mengatakan dia menerima 1,5 juta dong ($66) pada awal Oktober dari Suster Mary Nguyen Thi Hong Hoa untuk mendapatkan buku dan perlengkapan dasar lainnya untuk studinya.

“Saya berjalan di udara tentang hadiah yang murah hati. Keluarga saya sangat berterima kasih kepada para biarawati dan para dermawan,” kata Phuong, seraya menambahkan ia berharap bisa menyelesaikan sekolah menengah.

Hoa, seorang anggota Pecinta Salib Suci Cai Mon yang berbasis di provinsi Ben Tre, mengatakan, “Kami menawarkan beasiswa kepada 33 siswa, termasuk Phuong, sehingga mereka dapat membeli seragam sekolah dan buku serta berbagi biaya layanan internet satu sama lain. saat mereka berkumpul dalam kelompok untuk belajar pelajaran online.”

Dia mengatakan siswa penerima beasiswa berada di kelas tiga sampai kelas 12 di dua provinsi selatan Ben Tre dan Tra Vinh. Mereka menerima $22-$88 masing-masing, tergantung pada situasi mereka.

Hoa mengatakan dia juga menawarkan laptopnya sendiri kepada sekelompok siswa sehingga mereka dapat menghadiri kelas online bersama. Orang tua mereka menganggur akibat pandemi COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir dan tidak mampu membeli komputer dan perlengkapan lain untuk studi mereka.

Pada 5 November, Kementerian Kesehatan Vietnam telah mencatat 953.547 infeksi Covid-19 yang mencakup 22.412 kematian sejak virus corona menyerang pada awal 2020. Pada akhir Oktober, semua sekolah di Tra Vinh masih menyediakan kursus online, sementara di Ben Tre beberapa sekolah telah dibuka kembali dan yang lainnya masih mengadakan kelas virtual.

Hoa mengatakan sebagian besar penerima beasiswa memiliki kerabat yang bekerja di kawasan industri di Kota Ho Chi Minh dan di provinsi lain.

“Siswa itu pasti akan putus sekolah atau berprestasi buruk di sekolah jika tidak diberi dukungan finansial. Mereka akan mengambil pekerjaan kasar dengan upah rendah untuk menghidupi keluarga mereka dan terjebak dalam perangkap kemiskinan seperti orang tua mereka,” kata Hoa.

Biarawati itu mengatakan dia mencoba untuk mendukung siswa yang membutuhkan terlepas dari latar belakang mereka karena semua orang adalah anak-anak Tuhan. Sebagian besar siswa penerima beasiswa berasal dari keluarga pemeluk agama lain yang terkena dampak parah dari penularan.

Biarawati itu mengatakan dermawan asal Vietnam di luar negeri memberikan sumbangan kepadanya untuk diteruskan kepada mereka yang membutuhkan. Suster Therese Nguyen Thi Kim Dung, seorang anggota Pecinta Salib Suci Cho Quan, mengatakan tahun ini lebih dari 100 siswa dari Kota Ho Chi Minh dan empat provinsi lainnya telah diberikan dukungan keuangan oleh para suster. Mereka ditawari uang sekolah, pakaian, buku, perlengkapan sekolah, sepeda dan makanan.

Dung, yang bertanggung jawab atas beasiswa untuk siswa miskin, mengatakan keluarga mereka sangat terpengaruh oleh pandemi karena kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Orang tua dari beberapa telah meninggal karena Covid-19, sementara banyak yang lain harus membawa pulang anak-anak mereka dari Kota Ho Chi Minh karena mereka tidak dapat mendukung studi mereka.

Pada 4 Oktober, Uskup Agung Kota Ho Chi Minh Joseph Nguyen Nang meminta jemaat, paroki, dan asosiasi lokal untuk memberikan dukungan materi dan emosional kepada 1.500 siswa di kota yang menjadi yatim piatu selama pandemi Covid-19.

Seorang suster Dominikan dari sebuah biara yang berbasis di Bien Hoa, ibu kota provinsi Dong Nai, mengatakan bahwa pesanannya bekerja dengan para dermawan di dalam negeri dan luar negeri untuk menyediakan siswa di kelas dua hingga 10 masing-masing $22 sehingga mereka dapat membeli buku pelajaran dan perlengkapan lainnya. Suster yang meminta tidak disebutkan namanya itu mengatakan, anak-anak itu berasal dari keluarga yang bermigrasi dari provinsi selatan.

Dia mengatakan orang tua mereka bekerja di pasar lokal dan lokasi konstruksi, menjual tiket lotre dan makanan di jalanan, dan mengendarai ojek untuk mencari nafkah, tetapi mereka menjadi pengangguran sejak Juni karena wabah virus corona. Mereka tidak diberi dukungan keuangan oleh pemerintah karena mereka tidak memiliki surat-surat pribadi.

Dia mengatakan para biarawati secara teratur memberi mereka makanan dan menawarkan untuk membayar sewa dan biaya untuk air dan listrik yang mengalir.

Suster Mary Nguyen Thi Ha, anggota Daughters of Mary Immaculate dari provinsi Thua Thien Hue, mengatakan para biarawati menyediakan 40 sepeda untuk siswa yang keluarganya terkena dampak pandemi COVID-19. Dia mengatakan orang tua dari banyak siswa kehilangan pekerjaan sehingga mereka tidak mampu membayar biaya sekolah anak-anak mereka dan sepeda untuk pergi ke sekolah. Banyak siswa harus mengumpulkan barang-barang bekas di tempat pembuangan sampah, bekerja di toko roti dan melakukan pekerjaan lain untuk menghemat uang untuk menghidupi keluarga mereka dan membayar studi mereka musim panas lalu.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here