Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Konferensi Uskup Eropa Menyerukan Sebuah Sistem Keuangan yang Lebih Peduli

Para Uskup Eropa. (Pena Katolik)

JENEVA, Pena Katolik – Komisi Konferensi Waligereja Uni Eropa menerbitkan Makalah Refleksi tentang etika keuangan dalam konteks krisis Covid-19 yang sedang berlangsung. Para uskup Eropa menyerukan lembaga-lembaga Uni Eropa dan pelaku ekonomi untuk memfokuskan kegiatan keuangan mereka pada prinsip ‘kepedulian’, daripada profitabilitas. Mereka berharap, para pelaku usaha ini dapat berkontribusi “pada dinamika pembangunan bersama demi kebaikan bersama”.

Seruan itu dibuat dalam Makalah Refleksi yang dikeluarkan minggu ini oleh Komisi Konferensi Waligereja Uni Eropa (COMECE) berjudul “Sistem Keuangan yang Melayani Kebaikan Bersama di Saat Perubahan Sistemik”.

Kebaikan Bersama

Dokumen setebal 10 halaman itu disusun oleh Kelompok Kerja ad-hoc COMECE tentang Etika Keuangan, yang diketuai oleh Paul Dembinski – direktur Observatoire de la Finance di Jenewa, Swiss. Tujuannya adalah untuk merangsang perdebatan di tingkat Eropa tentang mempromosikan perubahan dalam sektor keuangan untuk mengurangi efek negatif dari ketegangan sosial dan krisis iklim, yang meningkat karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

“Panggilan kami ditujukan kepada lembaga-lembaga Uni Eropa, negara-negara anggotanya, perusahaan industri dan jasa, universitas dan warga negara”, kata Sekretaris Jenderal COMECE, Pastor Manuel Barrios Prieto. “Dalam perspektif Kristen, kebaikan bersama adalah ukuran untuk mengevaluasi usaha keuangan kita. Kami mendesak untuk menempatkan kehati-hatian di pusat upaya ini”.

Makalah ini mengkaji pilihan kebijakan dan dilema pribadi di bidang ekonomi dan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip Ajaran Sosial Kristen, untuk membantu para pelaku yang bersangkutan membuat pilihan yang lebih terinformasi, dan keputusan yang ditujukan untuk kebaikan bersama.

Menurut COMECE, tantangan kompleks yang dihadapi UE saat ini, yang diperburuk oleh krisis COVID-19, memerlukan tindakan, meskipun “tindakan yang bijaksana”. Dokumen tersebut menyoroti perlunya aturan dan regulasi baru untuk membuat sistem ekonomi dan keuangan saat ini “lebih manusiawi dan lebih inklusif”. Aturan baru ini “harus dirancang dengan kehati-hatian dan keadilan, dengan mendengarkan secara memadai semua pemangku kepentingan” mulai dari yang terlemah, katanya.

Keuangan etis

Makalah ini juga membahas aspek etika kredit, utang dan bunga serta pencegahan utang berlebih. Menurut COMECE, perbankan dan pasar keuangan harus lebih memperhatikan yang paling lemah. Pertanyaan penting makalah ini adalah tentang bagaimana menggunakan tabungan disertai dengan seruan untuk literasi keuangan yang lebih dalam dan lebih merata.

Akhirnya, makalah ini menegaskan kembali validitas kriteria Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola Perusahaan, yang seharusnya memandu investasi yang bertanggung jawab, meskipun dikatakan beberapa rintangan utama perlu diklarifikasi. Acara publik terkait seruan ini akan diadakan oleh COMECE pada awal 2022, bersama dengan UE dan Gereja.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini