26.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Seruan Paus Fransiskus bagi Konferensi Iklim Dunia, COP26 di Glasgow

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dalam sebuah kegiatan di Vatikan. Dok. Vatican News.

    GLASGOW, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyampaikan pesan tertulis bagi para peserta Konferensi Iklim di Glasgow Skotlandia. Pesan ini disampaikan oleh Kardinal Pietro Parolin yang datang mewakili Bapa Suci dan Takhta Suci di COP26 di Glasgow.

    Dalam pesannya, Paus menekankan perlunya tindakan dari semua untuk menyelamatkan planet ini dan mereka yang paling menderita dari darurat iklim. Berbicara kepada mereka yang menghadiri konferensi iklim, Kardinal Parolin membuka wacananya, yang dia baca atas nama Paus Fransiskus, dengan mencatat bahwa konferensi tersebut memiliki tugas penting untuk menunjukkan kepada seluruh komunitas internasional apakah memang ada kemauan politik untuk jujur, bertanggung jawab, dan berani mengalokasikan lebih banyak sumber daya manusia, keuangan dan teknologi untuk mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim serta untuk membantu populasi termiskin dan paling rentan, yang paling menderita dari fenomena ini.

    Untuk melaksanakan tugas ini lanjut Kardinal, lebih berat lagi, karena harus dilakukan di tengah pandemi. Pandemi ini telah mengajarkan kita bahwa untuk mengalahkannya, kita semua harus berpartisipasi.

    Kardinal Parolin mengingat bahwa ada masa sebelum pandemi yang pasti akan berbeda dengan bagaimana kehidupan pascapandemi. Kehidupan ini, lanjutnya, adalah kehidupan yang harus kita bangun bersama, memperbaiki kesalahan masa lalu kita.

    Hal yang sama dapat dikatakan tentang masalah global perubahan iklim. Kami tidak punya alternatif. Kita hanya dapat mencapai tujuan yang tertulis dalam Perjanjian Paris jika kita bertindak dengan cara yang terkoordinasi dan bertanggung jawab. Mereka ambisius, tetapi mereka tidak bisa ditunda. Hari ini keputusan ini terserah Anda.

    Perubahan zaman

    Kardinal Parolin melanjutkan dengan mencatat bahwa kita saat ini sedang mengalami perubahan zaman dan tantangan peradaban. Dalam situasi ini, dia menekankan perlunya negara-negara dengan kapasitas yang lebih besar untuk memimpin di bidang pendanaan iklim.

    Dia menggambarkan strategi emisi nol-bersih yang diadopsi oleh Takhta Suci dalam dua bagian: 1) komitmen Negara Kota Vatikan untuk mencapai tujuan ini pada tahun 2050; 2) komitmen Tahta Suci sendiri untuk mempromosikan pendidikan ekologi integral, menyadari bahwa langkah-langkah politik, teknis dan operasional harus dikombinasikan dengan proses pendidikan yang, juga dan terutama di kalangan kaum muda, mempromosikan gaya hidup baru dan mendorong model budaya pembangunan dan keberlanjutan berpusat pada persaudaraan dan aliansi antara manusia dan lingkungan alam.

    Kita membutuhkan harapan dan keberanian dalam menghadapi dampak pandemi Covid, kata Kardinal Parolin, karena umat manusia memang memiliki sarana untuk menghadapi transformasi ini, di mana dampaknya terhadap dunia kerja juga harus dipertimbangkan dengan cermat.

    Sehubungan dengan hal ini, lanjut Kardinal Parolin, perhatian khusus harus diberikan kepada populasi yang paling rentan, kepada siapa “utang ekologis” telah diperoleh dan perhatian khusus harus diberikan kepada populasi yang paling rentan.

    Dia mencatat bahwa dalam beberapa hal ‘hutang ekologis’ mengingatkan masalah hutang luar negeri dan tekanan yang sering menghambat perkembangan masyarakat. Pasca pandemi dapat dan harus dimulai kembali dengan mempertimbangkan semua aspek tersebut untuk menciptakan pembangunan yang pada akhirnya dapat diikuti oleh semua orang.

    Kardinal Parolin mencatat, dengan kepahitan, katanya, seberapa jauh kita mencapai tujuan yang diinginkan untuk memerangi perubahan iklim. Tetapi kenyataannya adalah bahwa kita tidak mampu membelinya. Banyak momen menjelang COP26 telah menunjukkan bahwa tidak ada lagi waktu yang tersisa, tegas Kardinal. Ditambahkannya, kami menyadari ini juga menjadi krisis hak anak dan dalam waktu dekat, migran lingkungan akan melebihi jumlah pengungsi konflik. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan tindakan yang mendesak, berani dan bertanggung jawab.

    Anak muda

    Mengakhiri wacana Paus Fransiskus, Kardinal Parolin memperingatkan bahwa kaum muda, yang dalam beberapa tahun terakhir telah mendesak kita untuk bertindak, hanya akan mewarisi planet yang kita pilih untuk diserahkan kepada mereka, berdasarkan pilihan konkret yang kita buat hari ini.

    Akhirnya Kardinal Parolin membacakan keinginan Bapa Suci untuk hadir secara fisik di Glasgow, tetapi meyakinkan mereka yang hadir bahwa sebagai gantinya, dia menemani mereka dengan doa-doanya.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI