32.3 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Paus Berdoa untuk Korban Banjir di Haiti, Vietnam, dan Sisilia

BERITA LAIN

More
    Bencana Banjir di Haiti. (Dok. Vatican News)

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengungkapkan kedekatannya dengan orang-orang yang terkena banjir di Vietnam dan Pulau Sisilia Italia. Ia mendesak otoritas sipil di Haiti untuk melindungi orang-orang ketika kekerasan terkait geng meningkat, dan berharap konferensi COP26 akan menghasilkan solusi efektif untuk perubahan iklim.

    Seperti yang dilakukannya pada setiap hari Minggu, saat memimpin Angelus di Basilika St Petrus Vatikan, Paus Fransiskus mengalihkan pikirannya ke peristiwa terkini setelah doa Angelus. Ia berdoa bersama para peziarah di Lapangan Santo Petrus.

    Seruan pertamanya adalah untuk populasi yang dilanda banjir di Vietnam, di mana setidaknya satu orang telah meninggal dan lebih dari 7.000 orang telah dievakuasi.

    “Doa dan pikiran saya untuk banyak keluarga yang menderita, serta dorongan saya untuk otoritas Gereja sipil dan lokal yang bekerja untuk menanggapi keadaan darurat ini,” kata Paus. Banjir di Vietnam tengah dipicu oleh depresi tropis yang bergerak di seluruh negara Asia Tenggara.

    Paus Fransiskus juga mengungkapkan kedekatannya dengan orang-orang di Pulau Sisilia Italia selatan, yang telah mengalami cuaca buruk selama seminggu terakhir. Badai Mediterania – merobek bagian timur Sisilia, dan menewaskan sedikitnya tiga orang.

    Jangan tinggalkan Haiti

    Paus kemudian mengalihkan perhatiannya kepada orang-orang Haiti, yang “hidup dalam kondisi perbatasan.

    Ia meminta pihak berwenang dari berbagai negara untuk membantu negara ini, dan tidak meninggalkan mereka sendirian. Ia mengajak semua orang untuk berdoa bagi rakyat Haiti. “Janganlah kita meninggalkan mereka,” ulang Paus.

    Banjir di Haiti telah memperburuk krisis di negeri ini. Kekerasan dan aktivitas terkait geng telah lepas kendali dalam beberapa bulan terakhir, menyusul pembunuhan Presiden Jovenel Moise.

    Di negara ini, 17 misionaris Kristen telah diculik oleh geng kuat di ibu kota Port-au-Prince, yang menuntut tebusan sebesar US$17 juta. Negosiasi untuk pembebasan mereka sedang berlangsung.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI