Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Kontrofersi Komuni Joe Biden dan Pandangannya Tentang Aborsi

Presiden Joe Biden dan istri saat mengikuti Misa Basilika St ANdreas di Woshington D.C, Amerika Serikat. (Dok. IST)

VATIKAN, Pena Katolik – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa Paus Fransiskus mengatakan kepadanya bahwa dia adalah seorang “Katolik yang baik” dan bahwa dia harus terus menerima Komuni. Perkataan ini diterima Biden dalam pertemuan pribadi keduanya di Vatikan pada 29 Oktober 2021.

Boleh tidaknya Biden menerima Komuni menjadi perbincangan hangat. Selama ini, meski dikenal sebagai seorang Katolik, namun Biden dikenal sebagai politisi yang setuju “pro-choice”. Gerakan ini berisi kebebasan bagi siapa saja untuk memilih apakah akan mempertahankan atau menggugurkan kandungan bagi setiap perempuan AS. Gerakan ini sering dipahami sebagai gerakan menyetujui aborsi di AS, yang juga ditentang oleh Konferensi Uskup AS.

Biden mengatakan kepada wartawan bahwa mereka tidak membahas masalah aborsi. Masalah ini telah terbukti menjadi perdebatan antara presiden dan hierarki Katolik negara itu.

“Tidak. Itu muncul – kami baru saja berbicara tentang fakta bahwa dia senang bahwa saya adalah seorang Katolik yang baik dan saya harus terus menerima komuni,” katanya dalam menanggapi pertanyaan tentang waktunya bersama paus.

Sebelumnya, beberapa uskup Katolik konservatif di AS telah meminta Biden untuk menolak Komuni atas dukungannya untuk legalisasi aborsi, sebuah pendekatan yang telah diperingatkan oleh Paus Fransiskus. Para uskup AS akan bertemu di Baltimore bulan depan di mana mereka akan memberikan suara pada sebuah dokumen tentang Ekaristi.

Ketika ditanya oleh wartawan apakah dia dan paus membahas konferensi uskup AS, Biden menolak dan mengatakan itu adalah percakapan pribadi. Selama pertemuan mereka – yang memecahkan rekor untuk waktu bersama yang tampaknya belum pernah terjadi sebelumnya – Biden memuji Paus sebagai pejuang perdamaian. Kemudian, dia mengatakan kepada wartawan bahwa mereka berdoa bersama untuk perdamaian dunia.

Uskup Agung Washington, Kardinal Wilton Gregory menyatakan dalam banyak kesempatan bahwa meskipun presiden tidak setuju dengan Gereja tentang masalah aborsi. Namun, Kardinal Gregory akan memberikan Komuni kepada Biden.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini