Caritas Filipina Mengecam Pembunuhan Seorang Pengacara di Mindanao

0
1151
Juan Macababbad.

MINDANAO, Pena Katolik – Caritas Filipina, sebuah kelompok aksi sosial dari Konferensi Waligereja Filipina (Catholic Bishops Conference of the Philippines/CBCP) mengutuk pembunuhan pengacara hak asasi manusia Juan Macababbad di Mindanao pekan lalu.

“Caritas Filipina bergabung dengan ribuan orang dalam mengutuk tindakan brutal terhadap kehidupan ini. Kami akan bekerja dengan semua orang untuk mencari keadilan bagi [Macababbad] dan semua orang yang tewas membela masyarakat dan alam,” kata Mgr. Jose Colin Bagafuro, direktur nasional Caritas Filipina.

Mgr. Bagaforo menggambarkan mendiang pengacara itu sebagai “juara keadilan sosial. Ia menegaskan bahwa kemarahan tidak cukup untuk menggambarkan bagaimana perasaannya saat mengetahui pembunuhan yang mengerikan itu.

“Kami akan mendorong lebih keras untuk akuntabilitas terutama mereka yang berkuasa,” kata prelatus itu.

Bagi banyak dari kami di Mindanao, pembunuhan brutal ini membuat sedih. Selama ini, Juan menjadi tujuan bagi rakyat kecil yang ingin mencari keadilan.

“Layanan hukum gratis dan belas kasihnya bagi yang rentan adalah pilar harapan bagi sebagian besar masyarakat adat yang berjuang melawan tirani bahkan dari kekuatan negara,” tambahnya.

Kematian Juan berarti penundaan bagi akses orang miskin terhadap keadilan, perdamaian, dan kebebasan. Mgr. Bagaforo menduga, para pelaku berpikir bahwa dengan kematian pengacara itu, semuanya dibungkam dan dihentikan

“Mereka salah besar,” kata Mgr. Bagaforo.

Kejadian mengerikan itu terjadi di provinsi Cotabato Selatan pada 15 September. Pengacara itu ditembak mati oleh orang-orang bersenjata yang mengendarai sepeda motor di luar rumahnya sekitar pukul lima sore. Juan menyerah pada beberapa luka tembak.

Juan adalah pengacara ke-58 dan anggota ketiga dari Persatuan Pengacara Rakyat Nasional yang terbunuh di bawah pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte yang mulai berkuasa pada 2016. Macababbad adalah penasihat hukum seorang penduduk suku asli yang terbunuh di kota Danau Sebu pada Desember 2018.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here