Paus Fransiskus berdoa di Gua Lourdes di Taman Vatikan 30 Mei 2020
Paus Fransiskus berdoa di Gua Lourdes di Taman Vatikan 30 Mei 2020

Paus Fransiskus akan memimpin doa Rosario untuk memulai doa maraton selama sebulan guna mengakhiri pandemi Covid-19. Doa Paus itu akan disiarkan langsung dari Kapel Gregorius di Basilika Santo Petrus pada pukul 6 sore waktu Roma atau 11 malam WIB, 1 Mei. Kapel Gregorius yang terletak tepat di sebelah barat Kapel Sakramen Kudus itu berisi relikui Santo Gregorius dari Nazianzus, Pujangga Gereja, dan ikon Bunda Maria Penolong abad ke-7.

Doa Rosario itu memulai sebulan doa Rosario setiap hari yang didoakan di tempat-tempat ziarah Katolik di seluruh dunia untuk tujuan mengakhiri pandemi virus Corona dan memulai kembali pekerjaan dan kegiatan sosial. Keluarga-keluarga, remaja-remaja, dan orang dewasa muda dari Roma dan sekitarnya akan memimpin rosario bersama Paus Fransiskus.

Dalam doa 1 Mei itu, Paus juga akan memberkati Rosario yang dikirim ke 30 tempat ziarah Maria yang berpartisipasi dalam doa yang disiarkan secara langsung setiap hari, antara lain di Asia, Tempat Ziarah Santa Perawan Maria dari Rosario di Korea Selatan, Tempat Ziarah Bunda Maria Perdamaian dan Perjalanan Baik (Katedral Antipolo) di Filipina, yang dijadwalkan tanggal 7 Mei dengan intensi untuk semua keluarga, Tempat Ziarah Bunda Maria dari Knock di Irlandia, Tempat Ziarah Bunda Maria Kesehatan di India, Tempat Ziarah Bunda Maria dari Nagasaki di Jepang,

Paus juga akan menutup Bulan Rosario dengan memimpin doa di Taman Vatikan, 31 Mei. Prakarsa yang diorganisir oleh Dewan Kepausan untuk Peningkatan Evangelisasi Baru itu merupakan tanggapan atas permintaan Paus.

“Paus Fransiskus ingin melibatkan semua tempat ziarah di seluruh dunia dalam prakarsa ini, agar mereka boleh menjadi sarana doa seluruh Gereja,” kata sebuah siaran pers. “Prakarsa ini dilakukan dalam terang ungkapan-ungkapan biblis: ‘Seluruh Gereja tekun berdoa kepada Allah’ (Kis 12: 5).”

Kantor evangelisasi Vatikan itu mengatakan telah “menyebarkan undangan ini ke semua tempat ziarah seluruh dunia, guna meningkatkan penyebaran prakarsa itu di wilayah terkait, untuk menjangkau para imam, keluarga, dan semua umat, serta mengundang mereka ikut dalam doa perantaraan dan dan harapan kepada Santa Perawan Maria.”

Semua umat Katolik diundang ikut serta dalam rosario setiap hari bagaimanapun dan di mana pun mereka bisa, kata siaran pers itu.

Panduan liturgi, tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Italia, dapat diunduh dari situs web Dewan Kepausan untuk Peningkatan Evangelisasi Baru.(PEN@ Katolik/paul c pati/Denver/CNA).

Artikel Terkait:

Paus dorong umat Katolik berdoa di bulan Mei untuk berakhirnya pandemi Covid-19

Paus berdoa Rosario bersama ribuan orang sedunia memohon bantuan Maria akhiri pandemi

Tinggalkan Pesan