Tempat Ziarah Santo Yosef, Detroit
Tempat Ziarah Santo Yosef, Detroit

Tahun Santo Yosef adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi tempat-tempat suci di mana umat beriman bisa merenungkan kebajikan Bapa Asuh Yesus itu. Kali ini kita mengunjungi enam Tempat Ziarah Santo Yosef di Amerika Utara.

Keajaiban telah terjadi di beberapa tempat ziarah itu. Oratorium Santo Yosef di Montreal, misalnya. Di sana, seorang penjaga pintu sederhana bernama Bruder André mengembangkan reputasi untuk penyembuhan ajaib. Dia menghubungkan pengobatan itu dengan Santo Yosef. Atau Tempat Ziarah Santo Yosef di Saint Louis. Di sana umat paroki dilindungi dari wabah kolera setelah membuat janji kepada Santo Yosef. Kedua tempat ziarah itu masih menunjukkan bukti mukjizat.

Tempat suci lain di Amerika Serikat termasuk Tempat Ziarah Nasional Santo Yosef di Wisconsin, Tempat Ziarah Santo Yosef Stirling di New Jersey, Tempat Ziarah Santo Joseph di Detroit, dan Tempat Santo Yosef Pekerja di Massachusetts.

St Yosef 1

Gereja Santo Yosef di Nazareth
Meskipun secara teknis ini bukan tempat ziarah – dan bukan di Amerika Utara – kami merasa harus mengangkatnya. Gereja Santo Yosef di Nazareth sangat dekat dengan Bapa Asuh Yesus itu. Gereja yang terletak dekat Basilika Kabar Sukacita itu, berdiri di atas apa yang diyakini sebagai “bengkel toko pertukangan Yosef.” Pengunjung bisa naik tangga ke gua-gua di bawah gereja yang pernah jadi lumbung di zaman Romawi itu dan ke ruang-ruang ibadah selama era Bizantium. Gereja yang ada sekarang dibangun awal abad ke-20.
© Berthold Werner | Area publik

St Yosef 2

Oratorium Santo Yosef, Montreal
Santo André Bessette dari Kongregasi Salib Suci hanyalah penjaga pintu di Montreal abad ke-19 yang kembangkan reputasi untuk penyembuhan ajaib. Dia hubungkan pengobatan itu dengan Santo Yosef. Tahun 1904, kongregasinya memberi dana untuk membangun kapel kecil di Mount Royal. Akhirnya, sebuah gereja besar dibangun di atas bukit, dengan patung Santo Yosef di depan, bertuliskan kata Latin Ite a Joseph (Pergilah kepada Yosef).
© Gerard Robert | CC BY-SA 3.0

St Yosef 3

Tempat Ziarah Santo Yosef di St. Louis
Tempat Ziarah Santo St. Louis, yang dipugar dengan indah beberapa dekade terakhir, adalah situs dari dua keajaiban. Pertama mengarah pada kanonisasi Santo Peter Claver, kedua memiliki arti khusus saat ini, ketika dunia sedang melawan pandemi. Selama wabah kolera tahun 1866, pastor paroki Santo Yosef memimpin umat parokinya berjanji kepada Santo Yosef, jika, melalui perantaraannya, Allah melindungi umat dari penyakit mematikan itu, mereka akan mendirikan monumen pelindung mereka itu. Sejak hari itu, tidak ada satu pun anggota dari setiap keluarga yang menandatangani sumpah dan janji itu meninggal karena penyakit itu. Paroki itu memutuskan membangun altar khusus yang menampilkan Santo Yosef dan Anak Yesus. Saat ini, itulah altar utama dan dikenal sebagai Altar Doa-Doa yang Terjawab. Meskipun dimiliki oleh Keuskupan Agung St. Louis, tempat ziarah itu disewakan kepada Sahabat-Sahabat Tempat Ziarah Santo Yosef dan merupakan gereja yang berfungsi secara reguler. Tempat ziarah itu juga terdaftar dalam Daftar Tempat-Tempat Bersejarah Nasional.
© Foto oleh Jim Blum

St. Yosef 4

Tempat Ziarah Santo Yosef Nasional, DePere, Wisconsin
Tahun 1874, seorang imam Wisconsin bernama Pastor Durin menyaksikan pentahtaan patung Santo Yosef di biara Ordo Norbertin di Prancis. Beberapa tahun kemudian, imam itu membuat rencana pentahtaan Santo Yosef di kampung halamannya. Pentahtaan itu adalah awal tempat ziarah bagi orang kudus itu. Ketika Pastor Durin meninggal tahun 1896, keuskupan harus mencari seseorang untuk mengambil alih tempat ziarah itu. Untung, sekelompok anggota Ordo Norbertin tiba dari Belanda tahun 1893 untuk melakukan kara misi dan memulai lembaga pendidikan. Setelah menyelesaikan novena 30 hari untuk Santo Yosef, Pastor Bernard Pennings dari Ordo Norbertin, pendiri pendirian permanen pertama Ordo Norbertin di Amerika Serikat, mempelajari kemungkinan pemindahan tempat ziarah dan paroki itu ke Ordo Norbertin. Dan memang, tahun 1898, saat kelompoknya mendirikan Biarawan Santo Norbertus (sekarang bernama St. Norbert Abbey), Ordo Norbertin Wisconsin mengambil alih Tempat Ziarah Santo Yosef itu. Abbas Pennings terus-menerus memelihara devosi kepada Santo Yosef yang kekuatan perantaraannya menginspirasinya selalu. “Tak ada yang saya terima atau capai dalam hidup ini tanpa bantuan Santo Yosef,” kata imam itu. Tempat ziarah ini terletak di sebelah Gereja Tua Santo Yosef di pekarangan Universitas Santo Norbert.
© Royalbroil | Wikipedia

St Yosef 5

Tempat Ziarah Santo Yosef, Stirling, New Jersey
Tempat Ziarah Santo Yosef di Stirling, New Jersey, didirikan oleh Pastor Thomas Augustine Judge CM tahun 1924 dan dioperasikan oleh komunitas religius yang imam itu didirikan, the Misionary Servants of the Most Holy Trinity (Misi-Misi Tritunggal). Selama melayani sebuah paroki di New York, imam itu menyaksikan para peziarah datang dari Italia dan Irlandia membawa serta tradisi mendalam iman Katolik mereka. Imam itu cepat melihat kebutuhan untuk memelihara iman keluarga-keluarga imigran dan mendorong pembinaan kaum awam sebagai murid-murid misionaris Yesus. Pastor Hakim dirikan tempat ziarah itu sebagai tempat bagi semua untuk diperbarui dalam iman dan dikirim sebagai misionaris dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ketika didirikan, tempat ziarah itu ditempatkan di bawah perlindungan Santo Yosef karena Santo Yosef memberikan inspirasi bagi kaum awam yang berjuang mempertahankan vitalitas iman mereka dalam masyarakat yang sering kali tidak berhubungan dengan nilai-nilai Injil. Di Tahun Santo Yosef ini, tempat ziarah itu sedang membangun Kapel Peziarah yang akan menyimpan mosaik “Kehidupan Santo Joseph” karya seniman Austria Leopold Forstner (1878-1936).
© Tempat Ziarah Santo Yosef

Tempat Ziarah Santo Yosef, Detroit
Tempat Ziarah Santo Yosef, Detroit

Tempat Ziarah Santo Yosef, Detroit
Tempat Ziarah Santo Yosef bergaya Gotik Victoria yang selesai tahun 1873 itu adalah pusat iman, budaya, dan komunitas Katolik di distrik Eastern Market yang bersejarah di Detroit. Tempat itu juga dipandang secara nasional karena signifikansi arsitekturalnya. Sejak 2016, Kanon-Kanon Institute of Christ the King Sovereign Priest melayani dan memimpin lokal setempat dengan Misa Latin Tradisional setiap hari, devosi rutin, instruksi liturgi, dan kehidupan paroki yang aktif. Maret 2020, gereja itu ditunjuk sebagai Tempat Ziarah Keuskupan Agung sebagai pengakuan atas pertumbuhan spiritual yang dinamis dan kehidupan sehari-hari.
© Tempat Ziarah Santo Yosef, Detroit

St Yosef 7

 

Tempat Ziarah Santo Yosef Pekerja, Lowell, Massachusetts

Tahun 1868, seorang imam bernama Pastor André Garin OMI datang dari Kanada ke Lowell, Massachusetts, untuk bermisi bagi ratusan migran Kanada yang bekerja di pabrik-pabrik di daerah itu. Dalam misi pertama, cukup uang dikumpulkan dari sumbangan orang-orang yang bekerja untuk uang muka bagi sebuah gereja yang ditinggalkan. Gereja itu akan menjadi gereja paroki pertama di Lowell yang melayani kebutuhan spiritual para imigran berbahasa Prancis. Santo Yosef dipilih sebagai pelindung. Tahun 1956, gereja di pusat kota itu, dengan tradisinya yang kaya, dipersembahkan sebagai tempat ziarah untuk menghormati Santo Yosef Pekerja.
© Domain Publik

(PEN@ Katolik/paul c pati/John Burger/Aleteia)

 

 

Tinggalkan Pesan