Paus Fransiskus merayakan Hari Minggu Misi Sedunia 20 Oktober 2019 (Vatican Media)
Paus Fransiskus merayakan Hari Minggu Misi Sedunia 20 Oktober 2019 (Vatican Media)

Hari Minggu Misi Sedunia Gereja Katolik 2020 akan tetap diperingati seperti biasa, pada hari Minggu kedua terakhir di bulan Oktober, yakni 18 Oktober, demikian konfirmasi Vatikan 28 Agustus. “Menanggapi beberapa pesan yang masuk tentang perayaan Hari Minggu Misi Sedunia 2020, Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa menegaskan bahwa tahun ini akan dirayakan di tingkat universal pada hari Minggu, 18 Oktober, dengan tidak ada perubahan kalender,” tegas kongregasi itu dalam siaran pers.

Beberapa perayaan Gereja Katolik di seluruh dunia telah ditunda dan dijadwalkan ulang karena pandemi Covid-19. Di banyak negara dan wilayah, Misa Kudus dan liturgi disiarkan secara langsung atau dirayakan sesuai protokol kesehatan.

Kini Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa memastikan bahwa Hari Minggu Misi Sedunia tahun ini akan diperingati seperti biasa pada hari Minggu kedua terakhir di bulan Oktober. Sebagian besar negara merayakannya pada hari itu.

“Di banyak keuskupan,” kata kongregasi itu, “persiapan untuk Hari Minggu Misi Dunia sudah berlangsung dengan tetap mengutamakan animasi misionaris Umat Allah.” Pada dasarnya, lanjut kongregasi itu, “iman adalah misionaris dan perayaan Hari Minggu Misi Sedunia berfungsi untuk menjaga agar dimensi esensial dari iman Kristen ini tetap hidup di semua umat beriman.”

Kongregasi, yang mengatur karya misionaris dan kegiatan-kegiatan terkait dari Gereja Katolik di seluruh dunia, juga mengatakan perayaan itu “bergantung pada rasa persekutuan dan tanggung jawab bersama para uskup atas kolekte hari itu demi kepentingan Serikat Misi Kepausan, yang bekerja dalam konteks universal untuk mendukung Gereja-Gereja di wilayah-wilayah misi.”

Pada Hari Minggu Pentakosta, 31 Mei, Paus Fransiskus merilis pesannya untuk perayaan tahun ini. Berdasarkan tema yang diambil dari Kitab Yesaya, “Ini aku, utuslah aku”, pesan Paus itu mengatakan bahwa pandemi Covid-19 adalah kesempatan untuk melakukan misi dan pelayanan bagi sesama.

Hari Minggu Misi Sedunia didirikan oleh Paus Pius XI tahun 1926 untuk mengingatkan umat Katolik tentang komitmen dan dukungan mereka terhadap karya misionaris Gereja melalui doa dan pengorbanan. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan