Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu memimpin Misa Penutupan TAPP IV OMK Kusuma  (PEN@ Katolik/af)
Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu memimpin Misa Penutupan TAPP IV OMK Kusuma (PEN@ Katolik/af)

“Kalau kita mulai lupa budaya kita, lupa akar kita, lupa asal kita, maka kita mulai diombang-ambingkan oleh rupa-rupa budaya lain … Salah satu contoh budaya orang Minahasa yakni bertanggung jawab. Orang muda harus bertanggung jawab terhadap akar budaya. Dan, ini bisa menjadi cermin bagi orangtua, generasi kemudian.”

Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC berbicara dalam homili Misa Penutupan Temu Akbar Pengurus dan Pendamping (TAPP) IV OMK Keuskupan Manado (Kusuma) yang diadakan di Kebun Misi Malalangen, Paroki Maria Ratu Pencinta Damai (MRPD) Lolah, Tombariri Timur, Sulawesi Utara, 16 Februari 2020. Sebanyak 85 utusan dari 26 paroki menghadiri TAPP IV OMK Kusuma itu. Kusuma memiliki 70 paroki dan 2 kuasi paroki.

TAPP IV OMK Kusama bertema “OMK Cerdas dan Militan” itu bertujuan menemukan dan mengembangkan nilai-nilai spiritualitas OMK Kusuma, menyatukan arah pandang perkembangan OMK Paroki-Paroki se-Keuskupan Manado, serta menguatkan kebersamaan dan persaudaraan sebagai OMK Kusuma.

Homili Mgr Rolly itu sejalan dengan empat mimpi yang disampaikan Paus Fransiskus dalam Seruan Apostolik Paska-Sinode “Querida Amazonía” tentang “wilayah Amazon yang terkasih” yang dikeluarkan 12 Februari 2020 oleh Paus Fransiskus setelah Sinode tentang Amazon 6-27 Oktober 2019. Keempat mimpi itu adalah mimpi sosial, budaya, ekologi dan gerejawi,

Saat berkunjung ke Peru, 19 Januari 2019, Paus juga mengungkapkan mimpi atas wilayah Amazon yang menghormati orang miskin dan masyarakat adat, yang melestarikan budaya-budaya lokal, yang melindungi alam, dan yang mengaktifkan Gereja Katolik dengan “wajah Amazon.”

Dalam TAPP IV OMK Kusuma itu, Mgr Rolly ingin agar OMK memperhatikan dua dari empat mimpi Paus itu yakni mimpi budaya dan mimpi gerejawi. Mgr Rolly mengutip pernyataan Paus Fransiskus, “Hai orang muda, kamu harus bertanggung jawab atas akarmu, di mana asal kamu, di mana kamu dibesarkan, dari budaya di mana kamu dibentuk atau dibina” dan “Kita orang Kristiani, orang Katolik, perlu mimpi gerejawi, kembali ke Injil, kembali kepada perutusan Yesus yang datang untuk apa? Untuk menyelamatkan dunia ini.”

Dalam Misa dengan konselebran Ketua Komkep Kusuma Pastor Hendro Kandowangko Pr, Ekonom Kusuma Pastor Yansen Dianomo, kepala Paroki MRPD Lolah Pastor Marson Pungis Pr, dan dibantu Diakon Jufry Dotulong Pr itu, Mgr Rolly merasa bangga bahwa mereka bisa berkumpul di Kebun Misi Malalangen Lolah itu untuk bersama “bermimpi gerejawi dan injili supaya apa yang dibuat Tuhan, para misionaris, para pastor, para gembala kita, pemimpin-pemimpin kita, tokoh-tokoh umat kita, torang tetap melanjutkan terus.”

Acara yang ditutup dengan malam kekeluargaan yang ditandai api unggun mendapat penghargaan dari Mgr Rolly karena dilaksanakan oleh umat Paroki MRPD tanpa menggunakan anggaran paroki. “Inisiatif dan kreativitas paroki ini sungguh luar biasa. Mereka bisa mencari jalan keluar. Walau tidak masuk dalam budget paroki, mereka bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan sukses,” kata Mgr Rolly.

Di saat Misa Pembukaan Pastor Hendro Kandowangko mengingatkan OMK Kusuma untuk semakin cerdas dalam menapaki kehidupan di zaman milenial. “Kalau saat ini kita dihebohkan dengan virus corona, maka saya mengingatkan kepada para OMK untuk cerdas menghindari virus yang satu ini. Virus D (dosa),” kata Pastor Hendro.

Pertemuan itu dilakukan dalam bentuk perkemahan. Para peserta tinggal di tenda-tenda. Sebuah tenda besar dibangun untuk mendengarkan masukan, berdiskusi dan merayakan Misa. Empat kegiatan dalam acara itu adalah internalisasi spiritualitas dan nilai-nilai OMK Kusuma khususnya nilai cerdas dan militan, evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pemaparan program kerja Komkep Kusuma 2020, dan sinkronisasi program kerja OMK paroki dan kevikepan, sharing pendamping OMK Kusuma, dan Misa.(PEN@ Katolik/A. Ferka)

Mgr Rolly memberikan sambutan pada penutupan TAPP IV OMK Kusuma. (PEN@ Katolik/A. Ferka)
Mgr Rolly memberikan sambutan pada penutupan TAPP IV OMK Kusuma. (PEN@ Katolik/af)
Peserta mendengarkan masukan dari Ketua Komkep Kusuma Pastor Hendro Kandowangko Pr (PEN@ Katolik/af)
Peserta mendengarkan masukan dari Ketua Komkep Kusuma Pastor Hendro Kandowangko Pr (PEN@ Katolik/af)

Tinggalkan Pesan