Paus Fransiskus dalam Sinode Para Uskup (Vatican Media)
Paus Fransiskus dalam Sinode Para Uskup (Vatican Media)

Pada pertemuan Sekretariat Sinode Para Uskup, Paus Fransiskus memutuskan bahwa Majelis Umum Biasa ke-16 Sinode Para Uskup akan diadakan di musim gugur dua tahun yang akan datang. Paus akan memutuskan salah satu dari tiga tema yang disarankan kepadanya.

Sekretariat Jenderal Sinode Para Uskup menulis dalam sebuah catatan, seperti dilaporkan oleh Robin Gomes dari Vatican News, bahwa guna memastikan “keterlibatan lebih besar” seluruh Gereja “dalam persiapan dan perayaan” sinode, maka Majelis Umum Sinode Para Uskup Biasa berikut dijadwalkan “pada musim gugur 2022.” Waktu itu diputuskan oleh Paus saat memimpin sesi sore pertemuan pertama Dewan Biasa ke-15 Sekretariat Jenderal Sinode Para Uskup, 6 Februari 2020.

Sesi kerja 7 Februari menyarankan kepada Paus kemungkinan tema yang akan dibahas pada sinode mendatang. Pertemuan itu juga mengkaji isu-isu lain, seperti langkah-langkah yang diambil setelah Sinode tentang Orang Muda tahun 2018 dan umpan balik kepada Seruan Apostolik pasca-sinode, “Christus vivit”.

Kepada Paus disajikan “trio kemungkinan tema” untuk Sinode 2022. Sesi kerja mencatat, ada juga “kebutuhan mendesak untuk mengungkapkan solidaritas kepada saudara-saudari yang terlibat dalam drama migrasi paksa.”

Pertemuan dimulai oleh Sekretaris Jenderal dari Sekretariat Jenderal Sinode Para Uskup Kardinal Lorenzo Baldisseri yang mengumumkan, setelah pencalonan Kardinal asal Filipina, Luis Antonio Tagle, sebagai Prefek Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa, Uskup Agung Karachi Kardinal Joseph Coutts mengambil alih sebagai anggota baru Dewan Biasa.

Dalam pertemuan itu, Kardinal Lorenzo Baldisseri mempresentasikan hasil konsultasi-konsultasi yang dilakukan tahun 2019 oleh kantornya mengenai kemungkinan masalah yang akan dibahas dalam sinode berikut. Konsultasi-konsultasi itu melibatkan Konferensi Waligereja, Sinode Gereja-Gereja Katolik Timur sui iuris, Dikasteri-Dikasteri Kuria Romawi dan Paguyuban Para Superior Jenderal.

Prefek Dikasteri untuk Kaum Awam, Keluarga dan Kehidupan, Kardinal Kevin Joseph Farrell, juga mempresentasikan kegiatan-kegiatan pasca-sinode yang dilakukan oleh Seksi Orang Muda untuk membantu melaksanakan Seruan Apostolik pasca-sinode “Christus vivit”.(PEN@ Katolik/pcp)

#penakatolik

Tinggalkan Pesan