hqdefault

Mulai hari Sabtu, 8 Juni 2019, buletin berita mingguan berdurasi 5 menit dalam bahasa Latin akan disiarkan ke seluruh dunia melalui frekuensi Radio Vatikan melalui saluran audio berbahasa Italia. Meski demikian siaran itu bisa diikuti di portal web Vatican News dan mendengarkannya di podcast, dan nanti akan segera tersedia pada frekuensi audio berbahasa Inggris juga.

Buletin ini mengudara berkat kolaborasi Kantor Dokumen Bahasa Latin Vatikan, sebuah departemen dari Sekretariat Negara di mana dokumen-dokumen Gereja ditulis atau diterjemahkan dalam bahasa Latin. Buletin ini akan diedit oleh Alessandro De Carolis, jurnalis veteran dari Radio Vatikan.

Direktur Editorial Radio Vatikan, Andrea Tornielli, menggambarkan ‘Hebdomada Papae‘ sebagai buletin berita yang nyata dan informatif. “Kami tidak membayangkannya dengan pandangan nostalgia masa lalu, tetapi sebagai tantangan masa depan,” katanya.

Karena bahasa Latin adalah bahasa resmi Gereja Katolik, dia mengatakan bahasa Latin sudah “beresonansi setiap hari pada frekuensi Radio Vatikan, yang setiap pagi menyiarkan Misa dalam bahasa Latin.” Inisiatif mingguan ini, jelasnya, bertujuan untuk menghembuskan kehidupan baru dalam bahasa itu.

Segera setelah buletin berita itu, Radio Vatikan Italia, yang menyiarkan berita dan program-program lain pada frekuensi yang didedikasikan untuk bahasa Italia, akan juga memberikan program mendalam berjudul “Anima Latina, radio colloquia de lingua ecclesiae.”

Anima Latina,” yang didedikasikan untuk penemuan kembali nilai dan keindahan bahasa Latin, akan menampilkan Direktur Kantor Dokumen Bahasa Latin Pastor Waldemar Turek.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan laporan Linda Bordoni/Vatican News)

Tinggalkan Pesan