Perbatasa Meksiko dan AS. AFP
Perbatasa Meksiko dan AS. AFP

Paus Fransiskus telah menyumbangkan 500.000 dolar untuk membantu para migran di Meksiko. Dana amal kasih Paus yang disebut Peter’s Pence (Sedekah Santo Petrus) itu akan dibagikan kepada 27 proyek yang digalakkan oleh 16 keuskupan dan kongregasi religius Meksiko, yang terus-menerus meminta bantuan untuk memberi makanan, penginapan, dan kebutuhan dasar bagi kaum migran.

Menurut pernyataan Peter’s Pence, “Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan migran tiba di Meksiko, setelah menempuh perjalanan lebih dari 4.000 kilometer dengan berjalan kaki dan menaiki kendaraan darurat dari Honduras, El Salvador, dan Guatemala. Pria dan wanita, seringkali dengan anak-anak kecil, melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan, seraya mengharapkan masa depan lebih baik di Amerika Serikat. Namun, perbatasan AS tetap tertutup bagi mereka.”

Bantuan itu khususnya dimaksudkan untuk membantu lebih dari 75.000 orang yang tiba di Meksiko tahun 2018, dalam enam iring-iringan migran. “Semua orang ini terlantar, tidak bisa memasuki Amerika Serikat, tanpa rumah atau mata pencaharian,’’ tulis pernyataan itu. “Gereja Katolik menampung ribuan dari mereka di penginapan yang ada di keuskupan-keuskupan atau kongregasi-kongregasi religius, seraya memberi mereka kebutuhan dasar, dari perumahan hingga pakaian.”

Meskipun banyak perhatian difokuskan pada iring-ringan saat itu, pernyataan Peter’s Pence mencatat bahwa “liputan media tentang keadaan darurat ini berkurang, dan akibatnya, bantuan bagi kaum migran oleh pemerintah dan pribadi-pribadi swasta juga berkurang.”

Pernyataan Peter’s Pence menegaskan bahwa “penggunaan sumber daya yang transparan dan teratur, yang harus dipertanggungjawabkan, diperlukan sebelum bantuan diberikan.” Juga dicatat bahwa 13 proyek telah disetujui, dan 14 lainnya saat ini sedang dievaluasi.

“Berkat proyek-proyek ini, dan berkat amal kasih dan solidaritas umat Kristiani, para Uskup Meksiko berharap bisa terus membantu saudara dan saudari kaum migran kita,” tulis pernyataan itu.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

Catatan: Kalau Anda ingin menyumbang pada proyek-proyek itu, silakan klik tautan berikut:

http://www.peterspence.va/en/dona.html

Migran di Tijuana berkemah di dekat tembok yang menandai perbatasan dengan Amerika Serikat (ANSA)
Migran di Tijuana berkemah di dekat tembok yang menandai perbatasan dengan Amerika Serikat (ANSA)

Tinggalkan Pesan