Paus mengunjungi Desa Emanuele tempat para penderita Alzheimer. Vatican Media
Paus mengunjungi Desa Emanuele tempat para penderita Alzheimer. Vatican Media

Paus Fransiskus melanjutkan tradisi “Jumat Belas kasih” minggu ini dengan mengunjungi Desa Emanuele di pinggiran utara Roma. Seperti biasa dalam kunjungan-kunjungan ini, Paus ditemani oleh Presiden Dewan Kepausan untuk Promosi Evangelisasi Baru Uskup Agung Rino Fisichella.

Desa Emanuele adalah gedung yang didedikasikan untuk perawatan orang yang menderita penyakit Alzheimer. Bangunan  itu diatur seperti sesungguhnya sebuah desa, mereproduksi banyak aspek kecil kehidupan sehari-hari, membantu mereka yang hidup dengan penyakit ini mempertahankan jembatan komunikasi dengan dunia luar, meningkatkan sosialisasi dan inklusi. Desa menggunakan nama menurut pendirinya, yang mulai menciptakan solusi inovatif untuk perawatan rumah bagi orang yang terkena penyakit Alzheimer.

Setelah kedatangannya, Paus disambut dengan takjub di halaman Desa oleh penghuninya dan staf. Paus lalu berbicara dengan orang-orang yang ada di sana, seraya bertukar kata-kata penghiburan. Dengan kunjungan ini, Paus ingin agar kondisi eksklusi dan kesepian akibat penyakit seperti Alzheimer diperhatikan karena mereka sering ditinggalkan sendirian oleh masyarakat. Peningkatan harapan hidup juga menuntut kesadaran lebih besar dan hormat terhadap kebutuhan dan martabat mereka yang hidup dengan penyakit ini.

Hari Alzheimer Sedunia ke-23 dirayakan 21 September 2016. Pada kesempatan itu, dalam Audiensi Umum, Paus Fransiskus berkata, “Saya mengajak semua orang untuk mengingat, bersama perhatian Maria dan kelembutan Yesus yang Maha Penyayang, mereka yang terjangkit penyakit ini, bersama dengan keluarga mereka. Kita juga berdoa bagi orang-orang yang dekat dengan orang sakit itu, memahami kebutuhan mereka, bahkan yang paling tak terlihat, karena semua itu terlihat dengan mata penuh cinta.”

Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia, penyakit degeneratif yang tidak dapat disembuhkan yang menyebabkan kerusakan neuron di bagian otak tertentu dan defisit fungsi kognitif yang progresif. Ini mempengaruhi memori, bahasa, dan perilaku. Diagnosis dini mencegah komplikasi dan kerusakan yang cepat. Demensia mengenai 47 juta orang dan merupakan penyebab kematian ketujuh di seluruh dunia.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait:

WYD Panama: Paus Fransiskus melakukan Jumat Belas Kasih

Jumat Belas Kasih: Paus mengagetkan lima ibu yang berada dalam tahanan

Untuk Jumat Belas Kasih, Paus tiba-tiba kunjungi para imam lansia dan menderita

Paus membuat kunjungan kejutan ke rumah sakit dan pelayanan sosial di Roma

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (22)

cq5dam.thumbnail.cropped.500.281

Tinggalkan Pesan