BIDUK Hut Mgr Agus 1
Mgr Agustinus Agus memencet sebuah tombol pada sebuah laptop dan BIDUK KAP dimulai. Foto Komsos KAP

“Dengan mengucapkan Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Program Pendataan Umat Katolik Keuskupan Agung Pontianak secara resmi dimulai,” kata Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus sambil menekan sebuah tombol pada laptop.

Dan, di atas panggung itu, di antara musik dan hujan kertas warna-warni terpantul tulisan pada sebuah layar lebar … biduk.kap.or.id. Sebuah spanduk juga ditayangkan di depan panggung itu. Spanduk itu menjelaskan bahwa Basis Integrasi Data Umat Keuskupan (BIDUK) Keuskupan Agung Pontianak itu “untuk meningkatkan pelayanan umat.” Oleh karena itu, lanjut spanduk itu, “Pastikan Anda Terdata.”

Peristiwa peluncuran BIDUK KAP berlangsung dalam perayaan HUT ke-69 Mgr Agus yang dirayakan di SMA Seminari Santo Paulus Nyarumkop, Singkawang, Kalimantan Barat, 22 November 2018. Selain para pastor paroki se-KAP, peristiwa itu dihadiri juga oleh Sekretaris Eksekutif KWI Pastor Siprianus Hormat Pr, Vikjen KAP Pastor William Chang OFMCap, Wakapolda Kalbar Brigjend Pol Sri Handayani. Juga hadir Direktur IT BINUS Ivan Sangkereng dan Ibu Lisa dari Yayasan Binus.

Dalam sambutan sebelum peluncuran itu Mgr Agus mengatakan dua hal. Pertama bahwa dia sengaja merayakan ulang tahunnya di Persekolahan Nyarumkop karena hatinya ingin membuat Nyarumkop bangkit dan harum kembali.

“Mari kita bangun dalam kebersamaan persekolahan Nyarumkop ini. Saya yakin dalam semangat penuh kebersamaan dan dengan mengedepankan profesionalitas, apa yang menjadi cita-cita kita akan bisa terlaksana dengan baik,” kata Mgr Agus yang menyayangkan aula persekolahan itu belum selesai. “Masih perlu juga perbaikan sana-sini agar siswa-siswi nyaman tinggal di tempat ini,” lanjut uskup.

Kedua, kata uskup, “sejak Februari tahun ini para imam KAP sudah menyetujui adanya pendataan umat Katolik, dan dalam hal ini kita bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus) dan BIDUK Keuskupan Agung Jakarta.” Namun Mgr Agus berterima kasih kepada para pastor paroki KAP, karena program itu “tidak akan berhasil kalau tidak didukung oleh para pastor paroki.”

Ketua Tim Data KAP Pastor Astanto Adi CM mengatakan, paroki-paroki sudah dapat mulai memasukkan data sensus yang diadakan ke web link yang ada itu, “maka mereka akan menerima user name dan password yang baru.”

Sesudah para ketua dekanat naik ke panggung untuk menerima user name dan password yang akan dipakai untuk masuk dalam weblink itu, Mgr Agus menyematkan Pin Sensus kepada para ketua dekenat. Peluncuran juga ditandai dengan penandatanganan spanduk, yang ditampilkan saat peluncuran itu, oleh para pastor paroki.

Dalam Misa Syukur HUT itu Mgr Agus merenungkan kisah dari Injil Lukas 17:11-19 tentang sepuluh penderita kusta yang disembuhkan Yesus tetapi hanya satu yang datang berterima kasih, seorang Samaria. Mgr Agus meminta siswa-siswi yang hadir dalam Misa itu untuk berterima kasih, karena banyak anak seusia mereka tidak bisa bersekolah atau berasrama seperti mereka.

Uskup mengajak mereka juga untuk belajar berterima kasih, karena seseorang tidak bisa hidup tanpa orang lain. “Saya merayakan hari ulang tahun saya karena saya merasa bahwa Tuhan itu sangat mencintai saya dengan segala kekurangan saya. Rahmat dan berkat Tuhan menuntun saya. Tuhan tidak menuntut saya mengerjakan sesuatu di luar kemampuan saya. Jadi walau pun saya sakit dan menderita saya berterima kasih,” kata uskup.

Mgr Agus mengajak semua yang hadir untuk membiasakan diri mengucapkan terima kasih kepada bapa, kepada mama, dan kepada Tuhan. “Saya yakin, Tuhan akan membalas kebaikan kalian, karena apapun yang kita peroleh tanpa dari Tuhan tidak akan punya arti apa-apa,” tegas Mgr Agus. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan data dari KAP/aop)

Artikel Terkait:

Pendataan umat berbasis internet di Keuskupan Agung Pontianak akan diluncurkan 22 November

Uskup Bandung luncurkan sistem informasi manajemen umat, SIMU

Sekretaris paroki di Keuskupan Bandung diminta profesional terampil dan tulus

Kredit untuk semua foto-foto ini adalah Komsos KAP

Mgr Agus menyerahkan user name dan password untuk masuk dalam weblink kepada ketua-ketua dekenat. Foto Komsos KAP
Mgr Agus menyerahkan user name dan password untuk masuk dalam weblink kepada ketua-ketua dekenat. Foto Komsos KAP
Penandatangan spanduk peluncuran BIDUK KAP. Foto Komsos KAP
Penandatangan spanduk peluncuran BIDUK KAP. Foto Komsos KAP
Menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" dilanjutkan  peniupan lilin dan pemotongan kue. Foto Komsos KAP
Menyanyikan “Selamat Ulang Tahun” dilanjutkan peniupan lilin dan pemotongan kue. Foto Komsos KAP
Suasana  Misa HUT ke-69 Mgr Agus dan Peluncuran BIDUK KAP. Foto Komsos KAP
Suasana Misa HUT ke-69 Mgr Agus dan Peluncuran BIDUK KAP. Foto Komsos KAP

Tinggalkan Pesan