Yubileum 1
(dari kiri ke kanan) Mgr Petrus Turang Pr, Mgr Josef Suwatan MSC, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Mgr Rolly Untu MSC, Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, Mgr John Liku, da Pastor Dammy Pongoh Pr. (Foto PEN@ Katolik/A Ferka)

“Perjalanan Salib di Keuskupan Manado yang berawal dari kedatangan Pastor Johanes de Vries SJ atas permintaan Bapak Daniel Mandagi telah memberikan dampak yang luar biasa. Lewat perjalanan Salib Suci itu, iman umat Katolik daerah ini, Keuskupan Manado, telah tumbuh dan berkembang.”

Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengatakan hal itu dalam Misa Syukur Peringatan Yubileum 150 Tahun Kembalinya Gereja Katolik di Keuskupan Manado (Bertumbuh dan Berkembangnya Gereja Katolik di Keuskupan Manado) yang berlangsung di Emmanuel Amphitheater Lotta pada Pesta Salib Suci, 14 September 2018.

Misa itu diawali dengan penataan Salib dan Obor Yubileum yang dibawa dalam prosesi sepanjang 50 kilometer sekitar 15 jam dari Kema ke Lotta oleh 150 OMK Kevikepan Tonsea dan diterima oleh Mgr Rolly dengan berlutut dan mencium kaki salib itu beberapa ratus meter di depan amphitheater itu.

Mgr Rolly memimpin Misa yang dihadiri ribuan umat itu dengan konselebran Uskup emeritus Mgr Josef Suwatan MSC, Uskup Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, Uskup Agung Makassar Mgr John Liku Ada dan ratusan imam Keuskupan Manado.

Mgr Rolly menjelaskan, iman Katolik telah tumbuh dan berkembang di Keuskupan Manado, “setelah kedatangan Pastor de Vries dengan melakukan pembaptisan di Kema tanggal 14 September, 150 tahun lalu, kemudian di Langowan dan beberapa tempat lain, maka umat Katolik semakin berkembang.”

Kemudian, para para imam dan suster dari beberapa tarekat mulai berdatangan di daerah ini dan lahirlah banyak katekis, guru agama, penolong-penolong, tenaga kesehatan dan lain-lain, “yang menjadi tanda dan simbol bahwa Salib Suci itu terus bertumbuh dan berkembang,” kata Mgr Rolly seraya berharap agar Pesta Salib Suci juga menjadi momen untuk merenung buah-buah iman dalam perjalanan Salib Suci yang menyelamatkan.

Menurut Mgr Rolly, rencana Allah lewat Salib Suci tetap hidup dan berjalan di Keuskupan Manado. “Estafet perjalanan Salib Keselamatan terus terjadi di Tanah Minahasa dan Keuskupan Manado yang telah dirintis Pastor de Vries,” tegas Uskup Manado itu.

“Perjalanan Salib Keselamatan ini terus berjalan, terus berkembang dan terus menjadi sumber keselamatan. Pelbagai tantangan terus saja ada tapi tidak menggoyahkan semangat iman di sini,” tegas Mgr Rolly.

Mgr Turang, saat diberi kesempatan berbicara dalam Misa itu, mengatakan bahwa luar biasanya iman umat di Keuskupan Manado hendaknya diikuti semangat beri diri dari kaum awam melalui pengabdian, perjalanan hidup lewat pekerjaan atau karyanya dalam tugas-tugas duniawi. “Semangat spiritualitas itu, membuat Allah hadir di dunia ini,” kata Mgr Turang.

Mgr Mandagi menambahkan, semangat iman umat di Keuskupan Manado sungguh luar biasa dan menghasilkan banyak buah. “Setelah 150 Tahun, ada buah-buah yang dihasilkan, yakni buah persatuan dan kesatuan, buah perayaan liturgi yang luar biasa, dan buah pengorbanan,” kata Mgr Mandagi seraya menambahkan bahwa hidupnya Gereja di Keuskupan Manado karena adanya banyak imam.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, saat memberi sambutan seusai Misa mengakui betapa besarnya kontribusi umat Katolik di Sulawesi Utara. “Pemprov Sulut mengapresiasi kontribusi tersebut,” ujar gubernur, yang berharap peran umat Katolik semakin meningkat termasuk dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Selain Misa Syukur, puncak peringatan yubileum ditandai ramah tamah serta penampilan berbagai atraksi. Namun beberapa bari sebelumnya, panitia pelaksana yang diketuai Pastor Dammy Pongoh Pr telah melakukan pelbagai kegiatan puncak peringatan yubileum, antara lain Pertemuan Sekami se-Keuskupan Manado, Konser Musik Klasik dan Tradisional, Festival Paduan Suara, dan Pagelaran Sendratasik (seni drama, tari dan musik). (PEN@ Katolik/A Ferka)

Artikel Terkait:

Gerakan Daniel Mandagi dan Pastor Vries SJ bangun semangat pewartaan di Keuskupan Manado

Yubileum-ke-150 Keuskupan Manado: OMK harus lebih berani wartakan karya agung Tuhan

Manado membuka tahun yubileum kembalinya Gereja Katolik dengan defile dan Misa

Mgr Rolly canangkan Yubileum 150 Tahun Gereja Katolik Kembali dan Berkembang di Keuskupan Manado

Tomohon awali Yubileum 150 Tahun Kembalinya Gereja Katolik dengan Pawai Lumen Christi

Pembagian komuni/michael
Pembagian komuni/michael

Suasana Misa. Foto PEN@ Katolik/A Ferka

Suasana Misa. Foto PEN@ Katolik/A Ferka

Acara puncak 150 Tahun Bertumbuh dan Berkembangnya Gereja Katolik di Keuskupan Manado turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Foto PEN@ Katolik/A Ferka)
Acara puncak 150 Tahun Bertumbuh dan Berkembangnya Gereja Katolik di Keuskupan Manado turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Foto PEN@ Katolik/A Ferka)

Tinggalkan Pesan