Mgr Rolly memukul tetengkoren sebagai tanda penutupan rangkaian Peringatan Yubileum 150 Tahun Bertumbuh Kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado Tingkat Kevikepan Manado  (Foto A. Ferka)
Mgr Rolly memukul tetengkoren sebagai tanda penutupan rangkaian Peringatan Yubileum 150 Tahun Bertumbuh Kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado Tingkat Kevikepan Manado (Foto A. Ferka)

Gerakan yang dilakukan Daniel Mandagi dan Pastor Johanes de Vries SJ  kiranya menjadi momen penyemangat munculnya gerakan lanjutan untuk karya pewartaan Injil, Kabar Baik, di wilayah Keuskupan Manado yang majemuk.

Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC mengatakan hal itu dalam homili Misa Syukur Puncak dan Penutupan Peringatan 150 Tahun Bertumbuh Kembali Gereja Katolik Tingkat Kevikepan Manado di Aula Kantor Gubernur Sulut, 2 September 2018.

Ribuan umat dari 10 paroki di Kevikepan Manado hadir pada acara puncak yang diisi sejumlah atraksi dan door price itu. Uskup Emeritus Yos Suwatan MSC, puluhan imam, frater, suster, bruder dan tamu undangan dari berbagai agama, Kapolda Sulut Irjen Polisi Bambang Waskito bersama isteri Dionesya Rutry, Kapolresta Manado Kombes Polisi FX Surya Kumara dan Wakil Walikota Manado Mor Bastian nampak hadir dalam acara itu.

“Kita berharap gerakan yang dilakukan Daniel Mandagi, Pastor Johanes de Vries SJ dan lain-lain akan berlanjut dalam upaya pewartaan Injil atau Kabar Baik di tengah kemajemukan sekarang ini,” ujar Mgr Rolly.

Apa yang dilakukan mereka, menurut Mgr Rolly, akan berkesan bila diikuti gerakan-gerakan lain dalam karya pewartaan Kabar Gembira dalam kemajemukan. “Kita mohon dan berdoa agar gerakan mereka dalam peristiwa kembalinya Gereja Katolik di sini dapat menggerakkan hati dan batin kita,” kata Mgr Rolly.

Uskup juga berharap agar umat bukan hanya menjadi pendengar Firman melainkan menjadi pelaku Firman, sebagaimana yang terkandung dalam bacaan Minggu Kitab Suci itu.

Sebelum homili, Mgr Suwatan MSC menyampaikan sejarah awal mula tumbuh kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado, yang diawali permohonan Daniel Mandagi, seorang Tentara KNIL yang mengirim surat kepada Vikaris di Batavia untuk mendatangkan misionaris untuk membaptis anaknya dan orang lain, yang ditanggapi dengan mendatangkan Pastor Johanes de Vries SJ. Pastor itu lalu membaptis 24 orang di Kema, 14 September 1868, kemudian di Langowan, Minahasa, dan di seluruh Bumi Nyiur Melambai, Sulawesi Utara.

Ketua Panitia Yubelium 150 Tahun Gereja Katolik Bertumbuh Kembali di Keuskupan Manado Tingkat Kevikepan Manado Pastor Frans Mandagi dalam laporannya menyebutkan pelbagai kegiatan yang mengusung tema “Betapa Mulia Nama-Mu  Ya Tuhan, di Seluruh Bumi.”

Kegiatan itu antara lain Prosesi Doa Rosario di Kawasan Megamas Manado dan Misa yang dipimpin Mgr Rolly, 30 April, yang mengawali kegiatan tingkat Kevikepan Manado, Lomba Paduan Suara Antarparoki se-Kevikepan Manado di Aula Pemkot Manado, 17 Juni, Kebangunan Rohani Katolik di Gubernuran Bumi Beringin, 8 Agustus, Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran Antardenominasi Gereja di Atrium Mantos, 11 Agustus, dan acara puncak yang diawali Misa dan diikuti sejumlah atraksi termasuk penampilan paduan suara dari salah satu denominasi gereja dan lagu solo oleh Dionesya Rutry. (PEN@ Katolik/A. Ferka)

Artikel Terkait:

Mgr Rolly canangkan Yubileum 150 tahun Gereja Katolik kembali dan berkembang di Keuskupan Manado

Umat Tomohon awali Yubileum 150 Tahun kembalinya Gereja Katolik dengan pawai Lumen Christi

Manado membuka Tahun Yubileum Kembalinya Gereja Katolik dengan defile dan Misa

Yubileum ke-150 Keuskupan Manado OMK harus lebih berani wartakan karya agung Tuhan

Misa dipimpin Mgr Rolly dan didampingi Uskup Emeritus Suwatan dan pastores Kevikepan Manado
Misa dipimpin Mgr Rolly dan didampingi Uskup Emeritus Suwatan dan pastores Kevikepan Manado
Sebagian umat yang memadati Aula Kantor Gubernur, tempat acara puncak Peringatan Yubileum 150 Tahun Tumbuh Kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado Kevikepan Manado. (Foto A. Ferka)
Sebagian umat yang memadati Aula Kantor Gubernur, tempat acara puncak Peringatan Yubileum 150 Tahun Tumbuh Kembali Gereja Katolik di Keuskupan Manado Kevikepan Manado. (Foto A. Ferka)

Tinggalkan Pesan