Vatican Media
Paus Fransiskus pada Audiensi Umum 29 Agustius 2018 di Vatikan. Foto ANSA

Dalam pesan yang dikirim kepada para peserta sinode tahunan Perhimpunan Gereja-Gereja Metodis dan Waldensian yang berlangsung di Torre Pellice, dekat Turin, Italia utara, 26-31 Agustus 2018, Paus menyatakan kedekatan persaudaraan Gereja Katolik dan dirinya serta mengajak umat Waldensian dan Metodis untuk ikut bersama umat Katolik dalam mewartakan Yesus, terutama bagi kaum miskin dan kaum terpinggirkan saat ini.

“Kami dipanggil untuk mempergunakan diri kami dalam mewartakan Yesus, yang akan bisa dipercaya jika itu dicerminkan dalam kehidupan dan dijalani dalam kegiatan amal kasih, terutama bagi banyak Lazarus yang mengetuk pintu kami saat ini,” tulis pesan yang dibacakan saat sinode itu dimulai hari Minggu oleh Eugenio Bernardini, moderator Waldensian Table, badan puncak Gereja itu.

“Dengan melayani orang-orang itu saat ini, membela martabat orang yang paling lemah dan meningkatkan keadilan dan perdamaian, kita bersama-sama menjadi agen perdamaian yang Tuhan umumkan di hari Paskah dan yang Dia tinggalkan kepada kita sebagai warisan,” tulis Paus, seperti dilaporkan oleh Robin Gomes dari Vatican News.

Yang dibicarakan oleh 180 bapa sinode Metodis dan Waldensian dalam sinode itu, antara lain kehadiran Gereja dalam kehidupan publik dan komunitas, perbuatan baik dalam pelayanan dan pewartaan, migrasi dan ekumene

Sambil berdoa bagi mereka, Bapa Suci mengatakan bahwa dia membayangkan berdoa bersama mereka dan memohon kepada Bapa agar “bersama Tuhan, semua umat Kristen dapat berjalan dengan tulus hati menuju persekutuan penuh.” Paus juga menulis, “Hanya dengan cara ini, dengan menanggapi secara konkret panggilan Tuhan untuk ‘menjadi satu’, kita dapat mewartakan Injil dengan cara terbaik.”

Seraya mengenang pertemuan-pertemuan sebelumnya dengan mereka di Argentina, Turin, dan Roma, Paus memohon agar Tuhan memberkati mereka, dan mendorong mereka berdoa bagi dirinya.

Uskup Lodi (Katolik) Mgr Maurizio Malvestiti, didampingi oleh Pastor Cristiano Bettega, direktur Kantor Nasional Konferensi Waligereja Italia untuk Ekumene dan Dialog Antaragama, merupakan tamu undangan dalam sinode itu.

Perhimpunan Gereja-Gereja Metodis dan Waldensian adalah gereja bersatu Italia yang didirikan tahun 1975 menyatukan Gereja Evangelis Waldensian dan Gereja Metodis Injili di Italia. Perhimpunan itu memiliki sekitar 50.000 anggota, di antaranya 45.000 umat Waldensian, sebagian besar di Italia, tetapi juga di Argentina dan Uruguay. Umat Metodis berjumlah sekitar 5.000 orang.(pcp berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan