Pro-Katedral Santa Maria di Dublin
Pro-Katedral Santa Maria di Dublin

Bagian pastoral pertama Perjalanan Apostolik Paus Fransiskus ke Irlandia untuk Pertemuan Keluarga se-Dunia akan diadakan Sabtu sore, 25 Agustus 2018, saat Paus mengunjungi Pro-Katedral Santa Maria di Dublin. Di sana Paus akan bertemu dengan 350 pasangan yang bertunangan dan baru menikah.

Pastor Kieran Mc Dermott, administrator baru pro-katedral itu berbicara dengan Suster Bernadette Mary Reis FSP dari Vatican News tentang apa yang akan terjadi dalam acara itu dan tentang pentingnya pro-katedral itu bagi masyarakat Irlandia.

Pertemuan dengan para pasangan yang bertunangan dan baru menikah itu akan berlangsung secara khusus atas permintaan Paus Fransiskus, kata Pastor Mc Dermott. Pasangan-pasangan dari setiap keuskupan di Irlandia akan hadir.

Sebelum kedatangan Paus, pasangan-pasangan itu akan ikut dalam program pastoral selama 90 menit yang berdasarkan bab 4 dari Seruan Apostolic Amoris Laetitia.

Ketika tiba, Paus pertama-tama akan meluangkan waktu beberapa saat untuk doa hening di depan altar yang didedikasikan tahun 2010 bagi para orang-orang yang selamat dari pelecehan yang dilakukan klerus dan institusi. Setelah itu, satu pasangan yang merayakan pesta emas akan menyambut Paus atas nama semua yang hadir. Kemudian dua pasangan akan menyampaikan kepada Paus pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanggapi Paus.

Pastor Mc Dermott memperkirakan, Paus Fransiskus akan membahas “arti cinta dari orang yang sudah menikah saat ini … panggilan keluarga saat ini. Dia akan berbicara kepada generasi berikut keluarga-keluarga Irlandia …. Kami tidak tahu apa yang akan dia katakan, tetapi kami sangat menantikan apa yang akan dia katakan kepada kami, dan apa yang bisa kami pelajari darinya juga dari pengalaman kehidupan keluarga sendiri yang sering dia sebut.”

Pastor Mc Dermott menjelaskan bahwa Katedral Dublin itu relatif modern karena Irlandia “sangat” dipengaruhi  oleh Reformasi Inggris. Pro-Katedral Santa Maria dibangun setelah Uskup Agung Troy membentuk komisi pembangunan sekitar tahun 1803 dan orang-orang Dublin mengumpulkan uang. Pro-katedral itu diberkati tahun 1825 oleh Uskup Agung Daniel Murray pada Pesta Santo Laurence O`Toole, pesta utama Keuskupan Agung itu. Katedral itu terletak di utara pusat kota Dublin di kawasan miskin. “Orang-orang Dublin sangat menyukai dan mencintai pro-katedral itu,” kata Pastor Mc Dermott. Pastor itu juga menjelaskan bahwa pro-katedral itu telah “menjadi tuan rumah beberapa peristiwa penting, seperti pemakaman kenegaraan.”(pcp berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan