Uskup Agung Adelaide Mgr Philip Edward Wilson
Uskup Agung Adelaide Mgr Philip Edward Wilson

Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Uskup Agung Adelaide, Australia, Mgr Philip Edward Wilson, 30 Juli 2018, setelah pengadilan membuktikan dirinya bersalah karena menutupi pelecehan seksual yang dilakukan seorang imam terhadap anak di bawah umur di tahun 1970-an.

Devin Watkins dari Vatican News melaporkan bahwa Pengadilan Australia menetapkan uskup agung itu terbukti bersalah di bulan Mei karena gagal melaporkan ke polisi pelecehan seksual terhadap dua putra altar yang dilakukan seorang imam di tahun 1970-an.

Tanggal 3 Juli, Uskup Agung Wilson, 67, dijatuhi hukuman penjara hingga 12 bulan tanpa ada pembebasan bersyarat selama 6 bulan.

Meskipun keluar dari pelayanan pastoral Keuskupan Agung Adelaide di bulan Mei, Uskup Agung Wilson menolak seruan untuk mengundurkan diri dari perannya sebagai uskup agung. Dia berencana naik banding dan sebelumnya dia mengatakan hanya akan mengundurkan diri kalau naik banding itu gagal.

Banyak politisi, termasuk Perdana Menteri Malcolm Turnbull, meminta Uskup Agung Wilson untuk mengundurkan diri.

Pelecehan itu terjadi di wilayah Hunter, di negara bagian New South Wales, ketika Uskup Agung Wilson bertugas sebagai pastor pembantu. Dua penuduh, yang saat itu putera-putera altar, mengatakan telah memberitahukan kepadanya pada tahun 1976 tentang pelecehan seksual yang dilakukan Pastor James Fletcher. Anak-anak lelaki, yang waktu itu berusia 10 dan 11 tahun, mengatakan uskup agung itu tidak melakukan apa pun dengan informasi itu.

Pastor Fletcher divonis bersalah tahun 2004 dengan sembilan kasus pelecehan seksual anak. Dia meninggal karena stroke tahun 2016 saat berada dalam penjara.

Kejahatan Uskup Agung Wilson terkait dengan periode 2004 hingga 2006, ketika Pastor Fletcher dituduh melakukan pelanggaran seksual anak. Hakim menemukan bahwa ia telah memperoleh tingkat kepercayaan yang dibutuhkan untuk melaporkan apa yang dia ketahui kepada pihak berwenang.

Uskup Agung Wilson, yang menderita penyakit Alzheimer, mengatakan kepada pengadilan bahwa dia tidak dapat mengingat apa yang dikatakan tentang pelecehan itu.

Ketua Konferensi Waligereja Australia Uskup Agung Markus Coleridge merilis pernyataan setelah menerima berita pengunduran diri Uskup Agung Wilson.

“Sementara proses peradilan akan terus berlanjut, pengunduran diri Uskup Agung Wilson adalah bab berikut kisah memilukan dari orang-orang yang mengalami pelecehan seksual di tangan Jim Fletcher dan yang hidupnya berubah selamanya,” kata Mgr Coleridge.

“Keputusan ini,” lanjut Mgr Coleridge, “dapat membawa penghiburan bagi mereka, meskipun mereka terus menderita.”(pcp berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait:

Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Kardinal McCarrick

Setelah penyelidikan Paus Fransiskus menerima pengunduran diri uskup dari Honduras

Paus Fransiskus menerima lagi pengunduran diri dua uskup Chili

Para uskup Chili mohon maaf atas skandal pelecehan seks dan mengajukan pengunduran diri

Kantor Pers Vatikan beri pernyataan tentang kasus pelecehan seksual di Chili

Para uskup Chili ungkapkan rasa sedih dan malu atas pelecehan dan ingin dengarkan Paus

Tinggalkan Pesan