Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Paus Fransiskus menerima lagi pengunduran diri dua uskup Chili

 

Paus Fransiskus bersama para uskup Chili dalam kunjungan mereka ke Roma, Mei 2018/Vatican News
Paus Fransiskus bersama para uskup Chili dalam kunjungan mereka ke Roma, Mei 2018/Vatican News

Setelah menerima pengunduran diri tiga uskup Chili, seperti dilaporkan oleh Vatican News tanggal 11 Juni 2018, hari ini, 28 Juni 2018, Kantor Pers Tahta Suci mengumumkan bahwa Paus Fransiskus menerima pengunduran diri dua uskup Chili.

Diumumkan bahwa Bapa Suci telah menerima pengunduran diri dari kepemimpinan pastoral Keuskupan Rancagua, Chili, yang disampaikan oleh Mgr Alejandro Goić Karmelić, karena alasan telah mencapai batas usia.

Bapa Suci pun mengangkat Uskup Pembantu Santiago de Chile Mgr Luis Fernando Ramos Pérez sebagai Administrator Apostolik sede vacante et ad nutum Sanctae Sedis dari Keuskupan Rancagua, Chili.

Bapa Suci juga menerima pengunduran diri dari kepemimpinan pastoral Keuskupan Talca, Chili, yang disampaikan oleh Mgr Horacio del Carmen Valenzuela Abarca dan menunjuk Uskup Pembantu  Santiago de Chile Mgr Galo Fernández Villaseca sebagai Administrator Apostolik sede vacante et ad nutum Sanctae Sedis dari keuskupan yang sama, Talca, Chili.

Sebelumnya, menurut laporan Vatican News 11 Juni 2018,  Paus Fransiskus menerima permintaan pengunduran diri tiga orang uskup Chili yakni Uskup Osorno Mgr Juan Barros Madrid, Uskup Agung Puerto Montt Mgr Cristián Caro Cordero, dan Uskup Valparaiso Mgr Gonzalo Duarte García De Cortázar SS.CC.

Menurut laporan itu, permintaan pengunduran diri Mgr  Cordero dan Mgr Cortázar karena alasan telah mencapai batas usia.

Untuk mengisi tahta kosong tiga keuskupan itu, Bapa Suci mengangkat Mgr Jorge Enrique Concha Cayuqueo OFM sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Osorno, Pastor Ricardo Basilio Morales Galindo (Provinsial Ordo Mercedarian di Chili) sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Puerto Montt, dan Mgr Pedro Mario Ossandón Buljevic sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Valparaiso. Mgr Cayuqueo dan Mgr Buljevic adalah juga Uskup Pembantu Santiago de Chile.

Tanggal 18 Mei 2018, sebanyak 34 uskup Chili memohon maaf atas skandal pelecehan seks yang dilakukan klerus di negara mereka dan mengajukan pengunduran diri kepada Paus Fransiskus. Permintaan pengunduran mereka itu disampaikan setelah mereka bertemu dengan Paus Fransiskus selama tiga hari.

Ketika berbicara dengan pers setelah membaca pernyataan mereka, para uskup menjelaskan bahwa mereka telah menyerahkan jabatan mereka “ke tangan Bapa Suci dan akan membiarkan dia untuk bebas mengambil keputusan” atas mereka masing-masing.(paul c pati berdasarkan Vatican News)

Berita Terkait:

Kantor Pers Vatikan beri pernyataan tentang kasus pelecehan seksual di Chili

Para uskup Chili mohon maaf atas skandal pelecehan seks dan mengajukan pengunduran diri

Para uskup Chili ungkapkan rasa sedih dan malu atas pelecehan dan ingin dengarkan Paus

Paus akan menerima tiga korban pelecehan seksual yang dilakukan klerus di Chili

Pelecehan seks Chili: Paus Fransiskus memohon maaf atas kesalahan kesalahan serius

Greg Burke: Paus Fransiskus rutin bertemu korban pelecehan seks yang dilakukan klerus

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini