IMG_1106
PEN@ Katolik/pcp

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

592. Apa arti permohonan ”Berilah kami rezeki pada hari ini”?

Memohon kepada Allah dengan kepercayaan seorang anak untuk makanan sehari-hari yang perlu untuk kita semua berarti mengakui betapa baiknya Allah mengatasi semua kebaikan. Kita juga memohon rahmat untuk mengetahui bagaimana bertindak sehingga keadilan dan solidaritas menyebabkan kelimpahan beberapa orang digunakan untuk membantu mereka yang kekurangan dan membutuhkan.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2828-2834, 2861

593. Apa arti khas Kristen dari permohonan ini?

Karena ”manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang ke luar dari mulut Allah” (Mat 4:4), permohonan ini dengan cara yang sama dapat dikenakan pada lapar akan Sabda Allah dan Tubuh Kristus yang diterima dalam Ekaristi sebagaimana juga lapar akan Roh Kudus. Kita memohon dengan kepercayaan penuh pada hari ini – pada kekinian Allah – dan ini diberikan kepada kita terutama dalam Ekaristi yang mengantisipasi perjamuan Kerajaan yang akan datang.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2835-2837, 2861

594. Mengapa kita berkata ”Ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami”?

Dengan memohon agar Allah Bapa mengampuni kita, kita mengakui di hadapan-Nya bahwa kita adalah pendosa. Sekaligus kita mewartakan belas kasihan-Nya karena dalam Putra-Nya dan melalui Sakramen ”kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa” (Kol 1:14). Namun, permohonan kita akan dijawab hanya jika kita lebih dulu mengampuni.

 

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2838-2839, 2862

Tinggalkan Pesan